Penggunaan Celak dalam Thibbun Nabawi untuk Menjaga Kesehatan Mata

By. Dewi Savitri - 27 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Berkaca pada ajaran agama Islam, praktik penggunaan celak (Al-Kuhl) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kosmetik yang menginspirasi perawatan kesehatan mata. Celak, khususnya dalam bentuk serbuk asli yang dikenal sebagai itsmid, tidak hanya merupakan sarana berhias bagi wanita, namun juga menyimpan rahasia manfaat kesehatan yang diwariskan oleh Rasulullah SAW.

 

Baca Juga: 4 Pengobatan Terlarang dalam Ajaran Islam, Hati-hati!!

 

Celak dalam thibbun nabawi memiliki dasar pemahaman yang mendalam terkait kandungannya dan manfaatnya bagi kesehatan mata. Serbuk celak dikenal berasal dari batuan khusus yang dihancurkan dan dijual dalam bentuk zat tunggal atau campuran. Its mid, sebagai formulasi celak mata yang halus, homogen, dan kaya akan mineral serta unsur penting, telah menjadi pilihan utama dalam menjaga kesehatan mata sejak zaman dahulu.

 

Dikutip dari NU Online, penelitian yang merujuk pada Hadits dari Imam Abu Dawud dan Imam Tirmizi menegaskan bahwa penggunaan itsmid memiliki manfaat nyata bagi kesehatan mata. Salah satunya adalah efek pencerahan penglihatan dan pertumbuhan bulu mata. Lebih dari sekadar alat kosmetik, itsmid telah terbukti mencegah berbagai masalah mata seperti blepharitis, trachoma, kalazion, pterigium, katarak, hingga konjungtivitis.

 

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Dia 4 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

 

Sebagai warisan Islam yang dijunjung tinggi, penggunaan celak, terutama itsmid, di berbagai negara seperti Pakistan dan Arab Saudi, telah terbukti secara empiris memiliki dampak positif dalam menjaga kesehatan mata. Its mid mengandung mineral dan unsur-unsur penting seperti timbal, seng, tembaga, dan lainnya yang dikenal bermanfaat untuk sistem mata manusia.

 

Khususnya bagi lansia, penggunaan celak tetap menjadi suatu upaya dalam menjaga kesehatan mata. Its mid memiliki efek positif dalam melancarkan peredaran darah di sekitar bola mata, membantu mencegah kerusakan pada bagian seperti macula yang rentan terhadap penuaan.

 

Meskipun bentuk celak telah bertransformasi dari serbuk ke bentuk gel atau cair dengan formula yang lebih kompleks, penting untuk tetap memperhatikan komposisi dan keamanannya. Celak modern yang cenderung menambahkan bahan kimia sintetis perlu dievaluasi agar tidak mengganggu validitas dalam praktik ibadah serta tetap aman bagi kesehatan penggunanya.

 

Baca Juga: Muslim Harus Tau, Ini Dia 6 Keutamaan Bangun Pagi dalam Islam

 

Penggunaan celak, terutama itsmid, dalam pandangan thibbun nabawi menyoroti pentingnya menjaga kesehatan mata. Bukan hanya sebagai alat kosmetik, tetapi juga sebagai bagian dari perawatan kesehatan yang terbukti secara tradisional dan melalui penelitian modern. Dengan memahami kandungannya serta manfaatnya yang luas, kaum muslimin dapat memanfaatkannya secara tepat untuk kesehatan mata yang optimal. Semoga pengetahuan ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kebaikan yang terkandung dalam sunnah Rasulullah SAW dalam menjaga kesehatan mata.

 

Wallahu a’lam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp