5 Alasan Tidak Boleh Bercanda Soal Bom di Pesawat

By. Dewi Savitri - 29 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Bercanda tentang bom saat dalam perjalanan udara bukanlah hal yang dapat ditoleransi. Tidak hanya tidak pantas, tapi juga membawa risiko dan konsekuensi serius yang dapat merugikan banyak orang. Di bawah ini adalah beberapa alasan penting mengapa kamu tidak boleh bercanda soal bom saat naik pesawat:

 

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Mengatasi Kebosanan di Pesawat saat Perjalanan Umrah

 

1. Keamanan Penumpang dan Awak Kabin

 

Mengumbar candaan tentang bom dapat menimbulkan rasa tidak aman dan cemas di antara penumpang dan awak kabin. Hal ini mengganggu konsentrasi para petugas keamanan pesawat yang bertanggung jawab menjaga keselamatan dan keamanan seluruh penumpang.

 

2. Dampak Hukum yang Serius

 

Bercanda soal bom saat dalam penerbangan dapat melanggar undang-undang keamanan penerbangan. Tindakan ini dapat berujung pada konsekuensi hukum yang serius dan hukuman yang tegas.

 

3. Ancaman Delik Informasi Palsu

 

Penyampaian informasi palsu yang mengancam keselamatan penerbangan dilarang dan dapat dipidana hingga satu tahun penjara berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

 

Baca Juga: Hindari Lapar di Pesawat, Ini Dia 5 Cara Mudah Pesan Makanan Disana

 

4. Hukuman Berat atas Gangguan Keamanan

 

Bercanda tentang bom dapat mengganggu keamanan penerbangan, bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Hukuman atas tindak pidana yang mengakibatkan kerugian harta benda atau kehilangan nyawa bisa mencapai 15 tahun penjara.

 

5. Dampak Psikologis Negatif

 

Candaan semacam ini bisa memicu reaksi psikologis negatif seperti ketakutan, kepanikan, dan kecemasan yang merugikan bagi seluruh penumpang dan awak kabin.

 

Baca Juga: 7 Cara Gunakan Toilet di Pesawat Agar Tetap Aman dan Nyaman

 

Bercanda tentang bom saat berada di pesawat bukanlah bentuk humor yang tepat. Hal ini mengancam keselamatan banyak orang dan melanggar serangkaian aturan yang berlaku. Kita semua bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenang selama penerbangan, dan ini dimulai dengan tidak bercanda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keamanan pesawat.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp