Jangan Takut, Ini Dia 5 Tips Atasi Kecemasan di Pesawat Klaustrofobia

By. Dewi Savitri - 29 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Merasa cemas atau takut saat berada di pesawat adalah hal yang seringkali terjadi, terutama bagi yang menderita klaustrofobia. Klaustrofobia adalah kecemasan yang dialami seseorang ketika berada pada ruang tertutup, salah satunya seperti kabin pesawat. Untungnya, ada sejumlah tips yang bisa membantu mengatasi kecemasan saat naik pesawat. Berikut adalah saran dari para ahli:

 

Baca Juga: 7 Cara Gunakan Toilet di Pesawat Agar Tetap Aman dan Nyaman

 

1. Ikuti Arahan Awak Pesawat

 

Menurut pelancong berpengalaman Johnny Jet, mengikuti arahan awak pesawat dapat membantu mengurangi kecemasan. Interaksi dengan mereka dan fokus pada aktivitas seperti membaca buku merupakan bagian dari terapi pemaparan yang membantu otak beradaptasi dengan situasi dan menghilangkan rasa takut saat terbang.

 

2. Pilih Kursi dengan Bijak

 

Memilih tempat duduk di pesawat dapat memengaruhi tingkat kenyamanan saat penerbangan. Untuk mengatasi klaustrofobia, pilih kursi di lorong atau gang yang memberikan lebih banyak ruang dan menghindari kursi di dekat jendela yang bisa memperburuk kecemasan.

 

Baca Juga: 3 Tips Tidur Nyenyak saat Lakukan Perjalanan dalam Pesawat

 

3. Manfaatkan Permen Asam

 

Menurut psikoterapis Susan Zinn, makan permen asam selama penerbangan bisa membantu otak tetap terjaga dan fokus. Rasa asamnya dapat membantu meredakan ketakutan atau khayalan yang muncul.

 

4. Pahami Turbulensi

 

Seorang pensiunan pilot, Adam Banks, menyarankan untuk memahami apa itu turbulensi. Ini membantu mengetahui bahwa turbulensi adalah bagian normal dari penerbangan dan bahwa pesawat dirancang untuk menangani situasi ini.

 

5. Kenali Fakta tentang Penerbangan

 

Mengetahui fakta tentang keamanan penerbangan dapat membantu meredakan kecemasan. Menurut Susan, risiko kematian dalam penerbangan sangat kecil, jauh lebih kecil dibanding risiko dalam situasi sehari-hari seperti terkena sengatan matahari atau diserang hewan.

 

Baca Juga: Hindari Lapar di Pesawat, Ini Dia 5 Cara Mudah Pesan Makanan Disana

 

Mengatasi klaustrofobia saat naik pesawat bukanlah hal yang tidak mungkin. Dengan mengikuti tips dari para ahli, seperti berinteraksi dengan awak pesawat, memilih kursi yang tepat, menggunakan permen asam, memahami turbulensi, dan mengenali fakta tentang penerbangan, kecemasan saat penerbangan bisa diminimalisir. Ingatlah, perjalanan yang aman dan nyaman adalah hak bagi semua penumpang pesawat.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp