Muslim Wajib Tau!! Miliki 8 Sifat Ini Agar Dicintai Allah SWT

By. Dewi Savitri - 30 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Seorang mukmin yang dicintai Allah SWT tidak terwujud begitu saja. Tidak sedikit sifat yang membuat seseorang disukai oleh Allah SWT, mengapa dan bagaimana kita dapat mencapainya? Berikut adalah delapan sifat muslim yang dicintai oleh Allah SWT: 

 

Baca Juga: 3 Makna Sabar dalam Islam yang Harus Kamu Tau

 

1. Bertaubat

 

Allah menyukai orang yang senantiasa bertaubat. Bertaubat adalah tanda kesadaran akan dosa dan upaya untuk memperbaiki diri. Firman Allah: "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang bersuci." (QS Al-Baqarah: 222)

 

2. Berbuat Baik

 

Berbuat baik merupakan tindakan yang Allah sukai. Menjadi muslim yang lebih baik adalah dengan berbuat baik dalam segala hal. Firman-Nya: "Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan berbuatlah kebajikan. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS Al-Baqarah: 195)

 

3. Tawakal kepada Allah

 

Allah menyayangi orang yang bertawakal pada-Nya. Bertawakal adalah berserah sepenuhnya kepada Allah. Firman-Nya: "Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertawakal." (QS Ali-Imran: 159)

 

4. Berlaku Adil

 

Allah mencintai orang yang berbuat adil. Keadilan adalah nilai yang dihargai-Nya. Firman-Nya: "Dan hendaklah mereka (para hakim) memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah." (QS Al-Ma'idah: 42)

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Jitu Berdakwah di Media Sosial

 

5. Istiqamah

 

Konsistensi di jalan menuju Allah sangat dihargai. Firman Nabi Muhammad SAW: "Kerjakanlah amalan-amalan sesuai dengan kemampuan kalian... amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit." (HR Bukhari dan Muslim)

 

6. Sabar dan Tabah

 

Allah mencintai orang yang sabar. Sabar adalah tanda kekuatan dan keteguhan. Firman-Nya: "Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS Al-Baqarah: 153)

 

7. Bertakwa

 

Orang yang bertakwa kepada Allah akan dihargai. Ketaatan pada syariat-Nya adalah ciri ini. Firman-Nya: "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok." (QS Al-Hashr: 18)

 

8. Berjihad di Jalan Allah

 

Jihad di jalan Allah mencakup berbagai amal baik, seperti pencarian ilmu, memperjuangkan kebaikan, atau perlawanan terhadap kezaliman. Hal ini mendapat ganjaran Allah. Jihad di jalan Allah bukan hanya perang, tetapi berbagai bentuk perjuangan positif.

 

Baca Juga: 3 Hikmah Dilarangnya Konsumsi Daging Hewan Sakit & Bangkai

 

Memiliki sifat-sifat ini bukan hanya untuk dicintai Allah, tetapi juga sebagai pedoman hidup bagi seorang mukmin. Dengan menerapkan nilai-nilai ini, seseorang dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dicintai oleh Sang Pencipta.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp