4 Tips Sehat Berpuasa Saat Musim Pancaroba

By. Dewi Savitri - 06 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Ramadan pada masa pancaroba menantang, di mana perubahan cuaca ekstrem dapat memengaruhi kondisi tubuh yang berpuasa. Pergantian cuaca dari panas terik hingga hujan deras dalam waktu singkat dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat yang berpuasa untuk memperhatikan kesehatan tubuh mereka dengan cermat.

 

Baca Juga: 10 Tips Atasi Lapar & Haus saat Berpuasa

 

Dr. Irwan Heriyanto, MARS, Chief of Medical Halodoc, menegaskan bahwa penyebaran penyakit saat pancaroba cenderung lebih cepat, karena kondisi iklim yang cocok bagi organisme patogen. Dalam menyikapi hal ini, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjalani puasa di musim pancaroba dengan lebih sehat.

 

1. Prioritaskan Kebutuhan Tidur

 

Pastikan untuk tidur minimal 6-8 jam per hari, meskipun pola tidur terganggu oleh sahur. Kekurangan tidur dapat memicu kelelahan dan mengantuk yang berlebihan, yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Dengan tidur yang cukup, daya tahan tubuh tetap terjaga.

 

2. Pilih Makanan Kaya Antioksidan

 

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti brokoli, bayam, tomat, dan buah-buahan seperti apel, stroberi, dan anggur. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Baca Juga: Ini Dia 4 Tips Berbuka Puasa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

 

3. Perhatikan Konsumsi Teh atau Kopi

 

Hindari konsumsi kopi atau teh dalam jumlah berlebihan, terutama saat sahur, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan rasa haus di siang hari. Disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal dua gelas saat sahur untuk menjaga hidrasi tubuh.

 

4. Jaga Imunitas dengan Nutrisi dan Olahraga Ringan

 

Asupan nutrisi yang cukup adalah kunci untuk menjaga daya tahan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin A, D, C, zinc, yodium, dan magnesium untuk menjaga kestabilan tubuh. Lakukan juga olahraga ringan seperti Yoga atau Pilates setelah berbuka untuk menjaga vitalitas tubuh.

 

Baca Juga: Ini Dia 9 Tips Liburan Tanpa Batal Puasa

 

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat yang menjalani puasa di musim pancaroba dapat tetap menjaga kesehatan tubuh mereka. Konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih spesifik sesuai kebutuhan tubuhmu.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp