6 Macam Thawaf dan Penjelasannya, Yuk Simak!!

By. Dewi Savitri - 08 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Thawaf, sebuah ritual mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali, adalah salah satu rukun utama dalam ibadah haji maupun umrah. Ia tak hanya menentukan keabsahan ibadah, melainkan juga tidak bisa diganti dengan denda (dam) apabila ditinggalkan oleh jemaah haji atau umrah.

 

Baca Juga: Mengagumkan! Inilah Manfaat Thawaf bagi Kesehatan

 

Terdapat enam jenis Thawaf yang memiliki peran dan tata cara tersendiri dalam ibadah tersebut yaitu sebagai berikut:

 

1. Thawaf Qudum

 

Thawaf ini, juga dikenal sebagai Thawaf Tahiyyah atau Thawaf Wurud, menjadi aktifitas yang disyariatkan bagi mereka yang tiba dari luar Makkah. Tujuannya adalah sebagai penghormatan kepada Ka'bah, sering kali disebut juga sebagai Thawaf Liqa'. Bagi sebagian ulama, seperti Hanafiyah, Syafi'iyah, dan Hanabilah, Thawaf Qudum adalah sunnah yang mendahului kegiatan lainnya.

 

2. Thawaf Ifadhah

 

Merupakan Thawaf yang disebut juga sebagai Thawaf Ziarah atau Thawaf Fardhu. Ia menjadi salah satu rukun haji yang tidak bisa digantikan dengan ritual lain. Setelah melakukan serangkaian kegiatan seperti mabit di Muzdalifah dan melempar jumrah, langkah selanjutnya adalah melakukan Thawaf Ifadhah.

 

Baca Juga: Inilah Makna Tersembunyi Putaran Thawaf dan Manfaatnya

 

3. Thawaf Wada'

 

Thawaf ini, yang juga dikenal sebagai Thawaf Shadr atau Thawaf Akhirul 'Ahd, memiliki hukum wajib menurut sebagian ulama. Menurut mayoritas, termasuk hadis dari Ibnu Abbas, Thawaf Wada' menjadi titik akhir dari perjalanan haji.

 

4. Thawaf Umrah

 

Merupakan salah satu rukun dalam ibadah umrah.

 

5. Thawaf Nadzar

 

Bagi yang telah bernadzar, Thawaf ini menjadi kewajiban. Berbeda dengan beberapa Thawaf lainnya, Thawaf Nadzar tidak terikat pada waktu tertentu jika pelaku nadzar tidak mengkhususkan waktu thawaf pada saat tertentu.

 

6. Thawaf Tathawwu'

 

Thawaf ini dapat dilakukan kapan saja. Mayoritas ulama memperbolehkannya bahkan di waktu yang dianggap terlarang untuk shalat. Namun, perlu dicatat bahwa Thawaf Tathawwu' tidak boleh dilakukan jika masih ada kewajiban lain yang harus dipenuhi.

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Thawaf di Masjidil Haram Agar Tidak Tersesat

 

Thawaf dalam ibadah haji dan umrah bukan hanya sekadar ritual melingkar, namun juga membawa makna dan hukum yang penting bagi pelaksanaannya. Dengan memahami berbagai macam Thawaf ini, jemaah haji dan umrah dapat melaksanakan ibadah dengan lebih mendalam dan sesuai tuntunan yang ada.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp