Makna Kain Ihram, Beginilah Cara Menggunakannya

By. Dewi Savitri - 24 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat Annabil!!! Pakaian ihram adalah pakaian khusus yang dipakai oleh jamaah haji atau umrah saat memasuki kondisi suci ihram. Pakaian ini memiliki makna dan simbolisme yang penting dalam ibadah haji atau umrah. Selain itu, pakaian ihram juga memiliki aturan dan tata cara penggunaan yang harus diperhatikan oleh jamaah haji atau umrah. Yuk simak penjelasan berikut ini.

 

Baca Juga: Syarat Ihram yang Wajib Kamu Tau Sebelum Pergi Haji dan Umrah

 

Makna dan Simbolisme

Pakaian ihram terdiri dari dua helai kain putih yang sederhana dan tidak berjahit. Makna dan simbolisme dari pakaian ihram adalah kesederhanaan, kesucian, dan persaudaraan. Warna putih yang dipakai pada pakaian ihram melambangkan kesucian dan ketulusan hati, serta merupakan simbol persaudaraan umat Islam dari berbagai latar belakang budaya dan sosial.

 

Aturan Penggunaan

 

Pakaian ihram memiliki aturan dan tata cara penggunaan yang harus diperhatikan oleh jamaah haji atau umrah. Berikut ini adalah beberapa aturan penggunaan pakaian ihram:

 

Baca Juga: Fidyah Untuk Mengganti Hutang Puasa

 

  1. Pakaian ihram harus dipakai sejak memasuki miqat, yaitu tempat yang ditentukan sebagai batas awal dalam memasuki kondisi ihram.
  2. Pakaian ihram tidak boleh dijahit dan harus terbuat dari kain putih yang sederhana dan bersih.
  3. Laki-laki harus memakai dua helai kain, satu untuk menutup tubuh bagian atas dan satu lagi untuk menutup tubuh bagian bawah.
  4. Perempuan diperbolehkan memakai pakaian ihram yang dijahit dengan syarat tidak menampakkan lekuk tubuh dan tidak ketat.

 

Kegunaan Pakaian Ihram

 

Pakaian ihram memiliki kegunaan yang sangat penting dalam ibadah haji atau umrah. Selain sebagai simbol kesucian, kesederhanaan, dan persaudaraan, pakaian ihram juga memiliki beberapa kegunaan, yaitu:

  1. Mengingatkan jamaah haji atau umrah tentang kondisi ihram yang harus dijaga kesuciannya.
  2. Menyamakan status dan martabat di hadapan Allah SWT, tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya.
  3. Membuat jamaah haji atau umrah merasa lebih fokus dalam ibadah dan menghindari gangguan atau kegiatan yang tidak berkaitan dengan ibadah.

 

Itulah penjelasan mengenai pakaian ihram yang harus diketahui oleh jamaah haji atau umrah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu baru bagi sobat Annabil semua. 

 

Baca Juga: Sejarah Masjid Bir Ali, Miqat Makani Jemaah Haji dari Madinah

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp