3 Keutamaan Sedekah saat Sempit dan Sulit

By. Dewi Savitri - 08 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Sedekah, sebagai bentuk pemberian kepada yang membutuhkan, tidak hanya melibatkan harta, tetapi juga berbagai perbuatan baik. Meskipun seseorang dalam kondisi sempit atau sulit, keutamaan sedekah tetap luar biasa. Inilah tiga keutamaan penting dari sedekah di waktu yang sulit yang seringkali luput dari perhatian:

 

Baca Juga: Ini Dia 3 Cara Atasi Hati Galau dalam Islam

 

1. Meningkatkan Keimanan

 

Melakukan sedekah dalam kondisi sulit adalah tanda ketakwaan yang luar biasa. Orang yang mampu memberi meskipun dalam keadaan sempit menunjukkan keimanan yang kuat. Allah SWT mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan, baik di waktu lapang maupun saat kesulitan, seperti yang tercantum dalam Al-Quran (QS. Ali Imran ayat 134).

 

“(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”

 

2. Menghapus Dosa-dosa

 

Rasulullah SAW. menyampaikan bahwa sedekah dapat menghapus dosa-dosa seseorang seperti air yang memadamkan api. Sedekah dapat menjadi sarana menghapus dosa-dosa kecil, seperti rasa iri, dengki, dan dosa-dosa kecil lainnya.

 

Baca Juga: Jangan Banyak Mengeluh!! Ini Dia Bahayanya Bagi Keimanan

 

3. Mendapat Balasan yang Baik dari Allah SWT

 

Bersedekah dalam kondisi sulit tidak hanya membantu orang lain tetapi juga mendatangkan balasan yang baik dari Allah SWT. Allah akan mengganti dan membalas sedekah yang diberikan, bahkan secara kontan di dunia ini, sebagaimana tercantum dalam Al-Quran (Surat Saba ayat 39):

 

“Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.”

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Jitu Berdakwah di Media Sosial

 

Melalui sedekah di waktu sulit, seseorang bukan hanya memberikan sebagian harta atau bantuan, tetapi juga membuka pintu bagi peningkatan keimanan, penghapusan dosa-dosa, serta mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. Ini menunjukkan bahwa kebaikan tidak terbatas pada keadaan finansial, melainkan juga pada kebaikan hati dan niat yang tulus untuk membantu sesama. Semoga dengan melakukan sedekah dalam keadaan sulit, setiap amal baik yang dilakukan dapat menjadi ladang pahala yang berlimpah dari Allah SWT.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp