Jelajah Kuliner Nusantara, Ini Dia 8 Makanan Khas Toraja

By. Dewi Savitri - 11 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Suku Toraja, menetap di pegunungan utara Sulawesi Selatan, terkenal dengan warisan budaya yang kaya, seperti rumah adat Tongkonan dan ritual pemakaman berhari-hari. Namun, keunikan Toraja tak hanya terletak pada warisan budayanya, melainkan juga pada ragam kuliner istimewa yang menggoda selera.

 

Baca Juga: Ini Dia 5 Kuliner Legendaris di Malioboro, Sudah Pernah Coba??

 

Setelah ditetapkan sebagai destinasi favorit kedua setelah Bali oleh Kementerian Pariwisata pada 1990-an, Toraja menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru. Jumlah pengunjung yang meningkat drastis ini tak lepas dari kekayaan kuliner khasnya yang tak kalah unik. Ingin mencicipi kelezatan cita rasa khas Toraja? Berikut beberapa rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba:

 

1. Pantollo Pamarrasan

 

Mirip dengan Rawon di Jawa, Pantollo Pamarrasan Toraja menggunakan bumbu pangi yang unik. Bumbu ini dicampur dengan bale (ikan mas/tongkol), daging duku (babi), ayam, kerbau, atau lendong (belut). Penyajiannya bisa beragam, baik digoreng maupun dipanggang.

 

2. Pa’piong

 

Makanan khas Toraja ini dimasak dalam bambu dan disajikan dengan sayuran seperti daun mayana, bulunangko, atau burak (pohon pisang muda). Bumbu pa’piong terdiri dari serai, daun bawang, merica, lombok katokkon (cabe khas Toraja), dan rempah-rempah lainnya. Ada berbagai pilihan isian sesuai selera, mulai dari ayam, ikan, nasi, hingga daging babi.

 

3. Tu’tuk Utan

 

Tu’tuk Utan merupakan daun singkong yang ditumbuk dan dimasak dengan daging serta dicampur dengan cabai dan kelapa parut. Hidangan kering ini biasanya disantap dengan nasi putih hangat.

 

4. Palopo

 

Dibuat dari sagu yang dibentuk bulatan kecil dan diisikan dengan daging atau ikan, Palopo disiram dengan kuah bumbu kacang, ikan, daging, atau sayuran. Tekstur kenyalnya membuatnya menjadi hidangan yang memuaskan.

 

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner yang Lezat dan Autentik di Purwokerto

 

5. Dangkot Bebek

 

Dangkot, berasal dari 'daging' dan 'kotte' (bebek), adalah hidangan berbahan dasar daging bebek yang diolah dengan bumbu khas Toraja. Rasa gurihnya dipadukan dengan pedas yang sesuai dengan selera masyarakat Toraja.

 

6. Kapurung

 

Kapurung, berbahan dasar sagu, sayuran, dan ikan, memiliki tekstur yang mudah disantap. Kuah kuningnya yang khas berasal dari bumbu utama ikan bandeng atau cakalang yang mengandung kunyit.

 

7. Deppa Tori’

 

Deppa Tori’ adalah kudapan dari tepung beras dan gula merah yang digoreng hingga renyah. Biasanya dinikmati sebagai camilan pendamping teh atau kopi, sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

 

8. Kopi Toraja

 

Kopi Toraja, tersedia dalam varian arabika dan robusta, memiliki rasa bersih dengan aroma tanah dan hutan yang khas. Keunikan rasanya membuatnya populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga diekspor ke Eropa dan menjadi favorit di Jepang.

 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Sekitar Masjid Nabawi

 

Kuliner khas Toraja tidak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa pedas yang menggugah, tetapi juga menawarkan pengalaman rasa yang unik. Ingin merasakan langsung? Kunjungi Tana Toraja dan nikmati ragam hidangan khasnya yang menggoda selera!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp