Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Pelaksanaan Haji Tamattu!!

By. Dewi Savitri - 27 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat Annabil!!!!! Pelaksanaan ibadah haji dibagi menjadi beberapa macam salah satunya yaitu haji tamattu. Haji tamattu adalah salah satu jenis haji yang dilakukan oleh umat Islam. Jenis haji ini membuat jamaah harus melaksanakan amalan ibadah umrah terlebih dahulu baru kemudian amalan ibadah haji. Bagi jamaah yang ingin melakukan haji tamattu, mereka harus memakai pakaian ihram dua kali, yaitu saat umrah dan haji.

 

Baca Juga: Hukum Puasa bagi Musafir, yang Harus Diketahui

 

Pada dasarnya, haji tamattu dilakukan dengan melakukan umrah terlebih dahulu, kemudian melepas pakaian ihram dan kembali memakai pakaian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, jamaah akan kembali memakai pakaian ihram pada tanggal 8 Dzulhijjah untuk melakukan ibadah haji.

 

Pelaksanaan ibadah haji tamattu memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan pelaksanaan haji tamattu antara lain yaitu:

 

1. Lebih mudah dan cepat dilakukan

 

Haji tamattu lebih mudah dan cepat dilakukan dibandingkan dengan jenis haji lainnya, karena hanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah.

 

2. Lebih ringan dan lebih hemat biaya

 

Haji tamattu lebih ringan dan hemat biaya dibandingkan dengan jenis haji lainnya, karena jamaah hanya perlu mengeluarkan biaya satu kali untuk transportasi dan akomodasi selama dua minggu, daripada harus mengeluarkan biaya dua kali jika melakukan haji dan umrah terpisah.

 

3. Dapat melakukan banyak aktivitas setelah selesai menyelesaikan umrah

 

Setelah selesai melaksanakan umrah, jamaah bisa melakukan banyak aktivitas sambil menunggu pelaksanaan haji. Bahkan bagi suami istri diperbolehkan berhubungan intim selama masa menunggu jadwal haji tersebut. Hal ini akan sangat melegakan bagi para jemaah yang datang pertama di awal musim haji, dimana mereka harus menunggu cukup lama hingga jadwal haji di tanah suci. Karena mereka juga bisa menggunakan pakaian lain selain pakaian ihram, dan pergi kemana saja untuk berkunjung sebelum melaksanakan ibadah haji.

 

Baca Juga: Waktu - Waktu Niat Berpuasa Yang Perlu Diketahui

 

Namun meski memiliki beberapa kelebihan, pelaksanaan haji tamattu juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

 

1. Perlu memakai pakaian ihram dua kali

 

Jamaah yang melakukan haji tamattu harus memakai pakaian ihram dua kali, yaitu pada saat umrah dan pada saat haji. Hal ini mungkin menjadi sedikit tidak nyaman dan merepotkan bagi sebagian orang.

 

2. Tidak langsung ke Mina

 

Jamaah yang melakukan haji tamattu tidak langsung ke Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah seperti halnya pada haji Qiran. Hal ini mungkin memakan waktu lebih lama karena jamaah harus kembali ke tempat tinggal mereka atau ke hotel untuk mengganti pakaian dan kemudian pergi ke Mina.

 

3. Membutuhkan perhitungan waktu yang lebih teliti

 

Haji tamattu membutuhkan perhitungan waktu yang lebih teliti, karena jamaah harus memastikan bahwa mereka kembali ke Makkah tepat waktu untuk memulai ibadah haji pada tanggal 8 Dzulhijjah. Jika terlambat, jamaah bisa kehilangan kesempatan untuk melakukan ibadah haji.

 

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan pelaksanaan ibadah haji tamattu. Dalam memilih jenis haji yang akan dilakukan, setiap orang tentu memiliki pertimbangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan dari haji tamattu harus dipertimbangkan dengan baik agar jamaah dapat memilih jenis haji yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

 

Baca Juga: Pakai Parfum saat Ihram? Ini adalah Hal-hal yang Tidak Boleh dilakukan saat Berihram

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp