Menikah saat Ihram? Ini Dia Penjelasannya!

By. Dewi Savitri - 27 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-  Hai sobat Annabil!!!! Pernahkah terlintas di pikiran kalian tentang menikah pada saat berihram? Yuk simak penjelasan berikut ini sebelum kalian memutuskan untuk menikah pada saat ihram!!

 

Baca Juga: Hukum Puasa Wanita Hamil, Suami Wajib Tau!!!

 

Nikah saat ihram adalah sebuah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan suami istri saat sedang menjalankan ibadah haji atau umrah dan berada dalam keadaan ihram. Meskipun jarang dilakukan, namun menikah saat ihram tetap menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa hal terkait menikah saat ihram.

 

Hukum Nikah Saat Ihram

 

Terkait hukum nikah saat ihram, ada perbedaan pendapat di antara para ulama. Beberapa ulama membolehkan nikah saat ihram, asalkan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan tertentu. Mereka berpendapat bahwa tidak ada larangan secara khusus dalam Al-Quran dan hadis yang melarang pernikahan saat sedang berada dalam keadaan ihram.

 

Namun, beberapa ulama lainnya menganggap bahwa nikah saat ihram tidak disarankan karena dapat mengganggu konsentrasi dan fokus dalam menjalankan ibadah haji atau umrah. Selain itu, pernikahan saat sedang dalam keadaan ihram juga dapat menimbulkan masalah logistik dan kesulitan dalam memenuhi syarat-syarat nikah yang harus dilakukan.

 

Baca Juga: Hukum Menggauli Istri saat Ihram yang Harus Diketahui

 

Oleh karena itu, sebaiknya pasangan yang ingin menikah sebaiknya menunda pernikahan hingga selesai melaksanakan ibadah haji atau umrah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, jika ada keadaan darurat yang memaksa, sebaiknya meminta fatwa dari ulama terpercaya terlebih dahulu.

 

Syarat-Syarat Nikah Saat Ihram

 

Jika pasangan memutuskan untuk melakukan nikah saat ihram, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, pasangan harus sudah memiliki wali nikah yang akan menyetujui pernikahan tersebut. Kedua, harus ada minimal dua orang saksi yang menyaksikan ijab kabul pernikahan.

 

Selain itu, pasangan juga harus memastikan bahwa pernikahan tersebut dilaksanakan secara sah dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, seperti mahar, akad nikah, dan lain sebagainya. Pasangan juga harus memperhatikan logistik dan kesulitan dalam melaksanakan pernikahan saat sedang berada di tempat yang jauh dari tempat tinggal dan tanpa persiapan yang memadai.

 

Baca Juga: Pakai Parfum saat Ihram? Ini adalah Hal-hal yang Tidak Boleh dilakukan saat Berihram

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp