Jangan Lupa Cobain 7 Makanan Khas Ini Kalau Liburan ke Bangka Belitung

By. Dewi Savitri - 15 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Makanan khas Bangka Belitung adalah cerminan dari kekayaan kuliner yang menggoda. Kepulauan ini, yang berada di sebelah timur Sumatera, menghadirkan hidangan-hidangan unik yang memikat, mencerminkan harmoni antara kekayaan alam dan keanekaragaman budaya setempat. Dari hidangan utama hingga camilan yang memanjakan, kuliner khas Bangka Belitung layak untuk dicicipi dan dibawa pulang sebagai kenangan.

 

Baca Juga: Icip 7 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

 

1. Lempah Kuning

 

Bagi pencinta hidangan ikan, Lempah Kuning adalah sajian yang tak boleh terlewatkan. Sebuah sup ikan berkuah kuning yang kaya rempah menjadi ciri khasnya. Bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah, lengkuas, dan belacan menjadi bumbu utama yang menciptakan citarasa yang menggugah selera. Tak jarang, tambahan potongan nanas memberikan kesegaran tersendiri. Di samping itu, sayuran dan kacang kedelai menjadi pelengkap yang sempurna dalam hidangan ini.

 

2. Belacan

 

Belacan, dengan aroma dan cita rasanya yang unik, terbuat dari fermentasi hasil laut. Berperan sebagai bumbu tambahan atau penyedap untuk aneka hidangan seperti sambal, belacan memiliki perbedaan dengan terasi. Sementara terasi terbuat dari udang rebon segar yang difermentasi, belacan menjadi penyedap yang mengundang selera dalam hidangan Bangka Belitung.

 

3. Rusip

 

Rusip, sambal ikan teri fermentasi dengan garam, air gula aren, dan air kerak nasi, menghadirkan aroma khas yang memikat. Ditambah dengan irisan cabai, bawang merah, dan perasan jeruk, Rusip menjadi lauk tambahan yang sempurna untuk dinikmati dengan nasi panas, lalapan, dan hidangan lainnya.

 

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Aceh yang Sayang Untuk Dilewatkan

 

4. Mi Bangka dan Mi Koba

 

Mi Bangka, disajikan dengan kuah kaldu dari tulang dan topping daging ayam, daging sapi, serta seafood, menjadi hidangan yang menyenangkan untuk dinikmati. Sementara Mi Koba, disajikan dengan kuah kaldu dari ikan tenggiri yang diolah bersama rempah-rempah dan citarasa unik, menambah kekayaan kuliner Bangka Belitung.

 

5. Sup Gangan

 

Sup Gangan, menggunakan ikan tenggiri segar dengan bumbu pedas yang menggugah selera, memberikan sensasi yang tak terlupakan. Bukan hanya gurih, tapi juga bebas dari aroma amis yang mengganggu, sup ini bisa dinikmati dengan daging sapi, yang disebut gangan darat.

 

6. Lakso

 

Lakso, mi dari tepung beras dan sagu, disajikan dengan kuah ikan dan santan kuning yang memberikan rasa gurih yang khas. Rempah-rempah seperti ketumbar, kemiri, bawang merah, dan kunyit, menambah aroma dan rasa yang memikat pada hidangan ini.

 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

 

Makanan khas Bangka Belitung adalah perpaduan lezat antara seafood dengan rempah-rempah yang khas Melayu dan Tionghoa. Menyelami cita rasa unik ini saat berkunjung ke Bangka Belitung akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp