7 Makanan Khas Banjarmasin Kaya Rempah dan Manjakan Lidah

By. Dewi Savitri - 15 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Menelusuri cita rasa khas Banjarmasin adalah perjalanan lezat yang tak boleh terlewatkan. Sebuah kota yang dikenal sebagai 'kota seribu sungai' ini tak hanya menawarkan keunikan geografis, tapi juga kekayaan rasa dari ragam makanan tradisionalnya. Berikut adlah beberapa hidangan khas Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan:

 

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Aceh yang Sayang Untuk Dilewatkan

 

1. Soto Banja

 

Soto Banja, hidangan berbahan dasar daging ayam yang disuir kecil, disajikan dengan telur setengah matang dan perkedel. Kayu manis sebagai rempahnya memberikan keunikan pada warna dan rasa yang bening dan kental.

 

2. Sop Mutiara

 

Sop Mutiara, olahan daging ayam yang digiling dan dibentuk seperti bakso kecil. Kuahnya terbuat dari susu, pala, bawang merah, dan bawang putih, menciptakan cita rasa gurih yang unik.

 

3. Nasi Kuning Banjarmasin

 

Nasi Kuning Banjarmasin, nasi kuning dengan bumbu khas Banjar menggunakan beras pera dan rempah seperti kunyit serta daun pandan. Disajikan dengan lauk bumbu habang dan serundeng untuk cita rasa yang gurih.

 

4. Nasi Itik Gambut

 

Nasi Itik Gambut, olahan itik dengan bumbu khas Banjar yang pedas dan manis. Disajikan dalam bungkusan daun pisang untuk aroma yang semakin memikat.

 

Baca Juga: Icip 7 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

 

5. Cacapan Asam

 

Cacapan Asam, menu yang mencerminkan ciri khas orang Banjar yang senang dengan rasa pedas, manis, asam, dan gurih. Berbumbu garam, bubuk penyedap rasa, cabai rawit, bawang merah, asam Jawa, dan cincangan buah-buahan asam.

 

6. Sambal Acan

 

Sambal Acan, sambal tradisional dengan campuran buah seperti gandaria, mangga asam, limau wangkang, terong asam, dan binjai. Menciptakan cita rasa pedas yang khas dengan cabai rawit Banjar yang unik.

 

7. Ketupat Kandangan

 

Ketupat Kandangan, ketupat isi ikan haruan asap atau ikan gabus asap, dicampur dengan ikan patin dan gurame asap, disajikan dengan kuah kental berbahan santan dan rempah-rempah. Sebuah cita rasa yang benar-benar khas Banjarmasin.

 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

 

Makanan khas Banjarmasin tidak hanya memanjakan lidah tapi juga mengundang selera dengan aroma, rasa, dan kekhasan tiap sajian. Perpaduan rempah yang unik dan kreativitas dalam memadukan bahan lokal menjadikan setiap hidangan menceritakan cerita kelezatan yang tak terlupakan dari kota seribu sungai ini. Jelajahi kekayaan rasa dan budaya yang terkandung dalam kuliner Banjarmasin yang menggugah selera.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp