7 Makanan Khas Kediri yang Lezat, Yuk Coba!!

By. Dewi Savitri - 15 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Jika berjalan-jalan ke Jawa Timur, jangan lewatkan untuk menjelajahi kelezatan kuliner khas Kediri. Di kota yang dikenal sebagai pusat industri rokok ini, ada banyak makanan menggoda yang menawarkan cita rasa gurih, pedas, dan manis yang pas untuk penyuka kuliner khas Jawa Timur. Berikut adalah beberapa makanan khas Kediri yang tak boleh di lewatkan:

 

Baca Juga: Icip 7 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

 

1. Pecel Kediri

 

Pecel Kediri membedakan dirinya dengan sambal tumpang, tempe yang dipadu dengan rempah-rempah, sedikit santan, dan gula. Disiram ke atas sayuran seperti kecambah, sawi, bayam, dan lainnya, pecel ini dilengkapi dengan sate usus ayam, sate ati ampela, telur dadar, dan peyek.

 

2. Sate Bekicot

 

Sate unik dari daging bekicot yang dikemas dalam sate, disajikan dengan sambal kacang dan acar seperti sate pada umumnya. Meski mungkin tidak biasa, rasanya yang kenyal dan gurih menghadirkan pengalaman kuliner yang berbeda.

 

3. Sate Emprit

 

Sate emprit, makanan khas Kediri yang menggunakan burung emprit sebagai bahan utamanya. Dagingnya yang berbeda dengan daging ayam memiliki rasa unik yang memikat, disajikan dengan sambal kacang dan irisan bawang merah.

 

4. Tahu Takwa

 

Tahu takwa, makanan khas Kediri yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, dihadirkan oleh bangsa Cina dalam migrasi mereka. Tahu kuning dengan aroma khas ini diolah dengan resep kuno yang membuatnya menjadi ikon kuliner kota.

 

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Aceh yang Sayang Untuk Dilewatkan

 

5. Soto Kediri

 

Soto Kediri hadir dengan bumbu rempah yang serupa dengan soto ayam lainnya, ditambah dengan santan yang membuat rasanya semakin gurih. Kuahnya yang terbuat dari kaldu ayam kampung menjadi ciri khasnya.

 

6. Nasi Goreng Arang

 

Nasi goreng arang, sebuah hidangan dengan aroma khas arang yang berpadu dengan rempah-rempah. Kolaborasi ini menciptakan cita rasa yang tak terlupakan pada nasi goreng.

 

7. Tahu Poo

 

Tahu poo, beda dengan tahu takwa, memiliki tekstur yang lebih ringan dengan bagian dalamnya yang kosong. Sajikan dengan cabe rawit sebagai teman jalan-jalan di Kediri.

 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

 

Jadi, saat menjelajahi Kota Kediri, pastikan untuk menyempatkan diri menikmati kelezatan kuliner khasnya. Dari hidangan gurih hingga camilan manis, Kediri memiliki banyak pilihan kuliner yang bisa memanjakan lidahmu!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp