10 Makanan Khas Manado yang Kaya Cita Rasa Nusantara

By. Dewi Savitri - 19 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Selain pesona alam dan budayanya yang memikat, Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara, menawarkan kekayaan kuliner yang tak terlupakan. Jelajahi ragam hidangan khasnya yang memanjakan lidah dan mengundang selera. Saat kamu berkunjung ke sini, jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan hidangan khas Manado berikut:

 

Baca Juga: Wajib Coba!! Ini 7 Makanan Khas Jambi yang Akan Manjakan Lidahmu

 

1. Ayam Rica-Rica

 

Hidangan ayam dengan cita rasa pedas khas Manado yang dikenal luas di Indonesia. Tekstur daging ayam yang empuk dipadu dengan bumbu pedas membuatnya sangat menggoda.

 

2. Sayur Ganemo

 

Sayur campuran yang menggabungkan beragam sayuran seperti daun melinjo, bunga pepaya, dan labu kuning, disajikan dengan bumbu khas untuk menciptakan rasa yang menarik.

 

3. Cakalang Fufu

 

Ikan Cakalang yang diolah dengan cara diambil dagingnya dan dipadu dengan bumbu khas Manado sebelum diasap. Hidangan ini bisa bertahan hingga satu bulan dan cocok dijadikan oleh-oleh.

 

4. Tinutuan

 

Bubur khas Manado yang terbuat dari beragam sayuran hijau, bubur beras, dan labu kuning tanpa unsur daging. Cocok sebagai menu sarapan karena kaya nutrisi.

 

5. Klappertaart

 

Kue yang dipengaruhi oleh kehadiran Belanda di Manado dengan tekstur lembut dan cita rasa gurih dari campuran kelapa, tepung, susu, telur, dan mentega.

 

Baca Juga: Icip 7 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

 

6. Panada

 

Jajanan khas Manado yang berbentuk seperti pastel dengan kulit yang lebih mirip roti, berisi ikan cakalang dan beragam bumbu khas Manado.

 

7. Sup Brenebon

 

Sup kacang merah atau sup daging babi yang menjadi hidangan tradisional dengan pengaruh Belanda yang kental. Cocok untuk menikmati rasa manis atau gurih dalam semangkuk sup.

 

8. Gohu

 

Asinan dari daging buah pepaya yang diiris tipis, dicampur dengan cuka, cabe, gula aren, bakasang, dan jahe untuk sensasi segar yang luar biasa.

 

9. Rica Roa

 

Sambal khas Manado yang menggunakan ikan Roa yang diasap hingga kering, dicampur dengan berbagai bumbu khas untuk cita rasa yang lezat.

 

10. Kue Gulung

 

Kue ringan yang terbuat dari sagu dan diproses dalam oven hingga menghasilkan tekstur gurih dan renyah yang membuatnya tak terlupakan.

 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Kediri yang Lezat, Yuk Coba!!

 

Menelusuri kekayaan rasa Manado melalui hidangan khasnya akan menjadi petualangan yang memuaskan selera dan memberikan pengalaman kuliner tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas yang menggugah selera ketika kamu berkunjung ke Manado!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp