8 Makanan Fermentasi yang Mudah Dibuat, Ada Dari Indonesia!!

By. Dewi Savitri - 19 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Fermentasi makanan telah menjadi cara kuno untuk mengawetkan dan memperkaya rasa. Lebih dari sekadar alat pengawet, fermentasi menciptakan makanan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Yuk, kenali beberapa makanan fermentasi yang mudah dibuat dan menyehatkan!

 

Baca Juga: Icip 7 Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

 

1. Kefir

 

Kefir, minuman fermentasi yang terbuat dari susu, penuh dengan probiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi peradangan. Diklaim mampu mengurangi kadar laktosa, kefir juga dapat mendukung kesehatan tulang dan menurunkan peradangan.

 

2. Tempe

 

Terbuat dari kedelai, tempe adalah sumber protein nabati yang baik. Makanan ini tak hanya kaya probiotik, tapi juga memiliki nutrisi tinggi seperti protein kedelai yang dapat mendukung kesehatan jantung.

 

3. Kimchi

 

Makanan fermentasi asal Korea ini terdiri dari berbagai macam sayuran dan memiliki manfaat yang luar biasa. Dari menurunkan kolesterol hingga membantu dalam program penurunan berat badan, kimchi adalah sahabat kesehatan yang menyegarkan.

 

4. Kombucha

 

Diproduksi dari teh yang difermentasi, kombucha mengandung senyawa asam dan memiliki aroma yang kuat. Memiliki efek probiotik yang baik bagi pencernaan, kombucha juga dapat kamu buat sendiri di rumah.

 

Baca Juga: Wajib Coba!! Ini 7 Makanan Khas Jambi yang Akan Manjakan Lidahmu

 

5. Miso

 

Miso adalah pasta fermentasi dari kedelai, garam, dan jamur koji. Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, miso memiliki manfaat seperti menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kanker.

 

6. Acar

 

Acar, yang terbuat dari berbagai sayuran dan difermentasi dengan gula, garam, dan cuka, memberikan rasa segar asam. Mengonsumsi acar membantu menambah bakteri baik di usus dan memecah gula yang sulit dicerna.

 

7. Yoghurt

 

Yoghurt, terbuat dari susu yang difermentasi dengan bakteri tertentu, kaya akan nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin B12. Manfaatnya untuk pencernaan dan kekebalan tubuh sudah tak diragukan lagi.

 

8. Natto

 

Makanan fermentasi ini berasal dari Jepang dan terbuat dari kedelai. Kaya serat, natto dapat membantu pencernaan, memperkuat tulang, dan mengandung enzim nattokinase yang baik untuk kesehatan jantung.

 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Kediri yang Lezat, Yuk Coba!!

 

Makanan fermentasi ini tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan. Mengonsumsi makanan fermentasi secara teratur dapat membantu memperbaiki mikrobioma usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ayo, coba buat makanan fermentasi sendiri di rumah untuk manfaat kesehatan yang optimal!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp