Bagaimana Insecure dalam Pandangan Islam? Yuk Simak!!

By. Dewi Savitri - 20 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Belakangan ini, banyak orang, dari segala usia, merasakan kondisi mental yang tidak nyaman, seperti rasa insecure. Bagaimana pandangan Islam dalam mengatasi insecure ini? Apa pesan Al-Qur'an terkait dengan perasaan kurang percaya diri dan cemas ini?

 

Baca Juga:Cewek Wajib Tau!! Ini Dia 7 Tips Liburan Nyaman saat Haid

 

Insecure, yang sering kali dirasakan sebagai perasaan cemas, ragu, atau kurang percaya diri, bisa muncul karena berbagai faktor. Penolakan, penilaian negatif, atau bahkan sifat melankolis dapat menjadi pemicu munculnya perasaan ini pada diri seseorang. Meskipun normal dirasakan, jika tidak ditangani dengan baik, rasa insecure ini dapat berkembang menjadi gangguan mental yang lebih serius, seperti depresi atau gangguan kepribadian.

 

Dalam ajaran Islam, insecure dianggap sebagai hal yang tidak baik, dan umatnya diajarkan untuk mengatasi perasaan tersebut. Beberapa ayat Al-Qur'an memberikan pandangan dan petunjuk terkait hal ini:

 

Surat At-Tin’

 

Surat At-Tin (QS. At-Tin: 4) menekankan bahwa Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik. Pesan ini mengingatkan kita bahwa sebagai ciptaan Allah, kita diciptakan dengan keutamaan yang luar biasa. Oleh karena itu, tidak seharusnya merasa rendah diri atau tidak menghargai ciptaan-Nya, meskipun seseorang merasa tidak memiliki kelebihan tertentu. Ini adalah pengingat bagi semua orang agar selalu bersyukur atas ciptaan Allah yang sempurna.

 

Baca Juga: Larangan-larangan bagi Wanita Haid dan Nifas dalam Islam

 

Surat Ali-Imran Ayat 139

 

Dalam surat Ali-Imran ayat 139, Allah SWT mengingatkan umat-Nya untuk tidak merasa lemah dan tidak bersedih hati. Ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman memiliki derajat yang tinggi di hadapan Allah. Maka, pesan ini ditujukan agar mereka yang beriman tidak merasa lemah dan harus tetap tegar dalam menghadapi segala cobaan hidup.

 

Surat Al-Baqarah Ayat 216

 

Surat Al-Baqarah ayat 216 mengajarkan bahwa manusia tidak akan pernah sepenuhnya tahu apa yang terbaik bagi dirinya. Kadangkala, kita bisa tidak menyukai sesuatu yang sebenarnya baik bagi kita, begitu pula sebaliknya. Allah SWT mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya, meskipun terkadang manusia tidak menyadarinya. Ini mengajarkan kita untuk selalu mempercayai Allah dalam setiap ketetapan-Nya.

 

Baca Juga: Haid Saat Shalat, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Jadi pandangan Islam tentang insecure menekankan pentingnya percaya diri sebagai manusia yang diciptakan dalam bentuk yang terbaik oleh Allah SWT. Pesan-pesan Al-Qur'an memberikan pengingat bahwa sejatinya, manusia harus bersyukur atas segala karunia yang diberikan Allah, menguatkan keyakinan, dan menjalani hidup dengan kepercayaan bahwa Allah selalu mengetahui yang terbaik bagi hamba-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp