7 Kuliner di Jalur Pantura yang Wajib Dicoba saat Mudik

By. Dewi Savitri - 21 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Musim mudik tak hanya soal perjalanan, tapi juga petualangan kuliner yang memikat! Jalur Pantura, terkenal sibuk saat musim pulang kampung, juga menyimpan rahasia kuliner yang tak boleh dilewatkan. Jelajahi tujuh pilihan lezat yang akan memanjakan lidahmu saat melintas di berbagai kota di sepanjang Pantura.

 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Riau yang Lezat dan Kaya Rasa

 

1. Empal Gentong Cirebon

 

Cirebon, tujuan yang menarik dengan kuliner andalannya, empal gentong. Rasa rempah yang khas dan kuahnya yang segar akan menyegarkan perjalananmu. Cicipi di berbagai restoran dengan kisaran harga terjangkau, mulai dari Rp25 ribu hingga Rp35 ribu saja.

 

2. Sate Blengong Brebes

 

Sate blengong, cita rasa khas Brebes, terbuat dari daging bebek yang lembut. Padukan dengan bumbu kacang yang gurih di tempat legendaris seperti Pondok Kupat Sate Blengong Pak Kasturi Rajak.

 

3. Kupat Glabed Tegal

 

Tegal punya kupat glabed, potongan ketupat dan daging ayam suwir dengan kuah kental mirip opor. Taburan kerupuk kuning memperkaya cita rasa uniknya.

 

Baca Juga: Icip 7 Kuliner Khas Bali Ini Kalau Kamu Sedang Liburan Disana!!

 

4. Sate Batibul Khas Tegal

 

Sate batibul, olahan daging kambing muda dengan racikan rempah pedas, diolah dengan kecap, cabai, dan irisan bawang segar. Tambahkan pecak ikan pihi dan tongseng untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

 

5. Grombyang Pemalang

 

Di Pemalang, nikmati nasi grombyang dengan bumbu rempah yang khas, kuah encer mirip rawon, serta tambahan daging yang empuk. Sensasi yang berbeda namun menarik.

 

6. Nasi Megono Pekalongan

 

Nasi megono, hidangan nasi dengan sayur nangka cacah halus dan kelapa parut. Cocok dipadukan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tongseng sapi, atau tumis terong di Warung Mbak Ibah.

 

7. Tahu Gimbal dan Lumpia Semarang

 

Semarang punya lumpia dengan isian rebung, telur, daging udang, dan ayam dalam kulit yang garing. Sajikan dengan kuah asam kental dan rasa pedas dari cabai rawit. Tidak ketinggalan, tahu gimbal dengan paduan unik lontong, tahu, irisan kubis, dan gimbal yang istimewa.

 

Baca Juga: 7 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan Tubuh

 

Musim mudikmu akan lebih berwarna dengan petualangan rasa di jalur Pantura. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan kuliner khas setiap kota yang dilewati. Selamat menikmati perjalanan dan sajian istimewa sepanjang perjalananmu!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp