Traveling ke Pontianak? Jangan Lupa Icip 12 Makanan Khas Ini!!

By. Dewi Savitri - 21 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Pontianak, sebuah kota yang tak hanya terkenal dengan pesona wisatanya, tetapi juga menawarkan kekayaan kuliner yang unik. Dipengaruhi oleh budaya lokal dan Tionghoa, kuliner khasnya memiliki ragam cita rasa yang memikat.

 

Baca Juga: 7 Manfaat Makanan Fermentasi bagi Kesehatan Tubuh

 

Bagi pelancong kuliner, tak lengkap rasanya berkunjung ke Pontianak tanpa menjelajahi hidangan-hidangan khasnya. Inilah daftar makanan khas Pontianak yang memikat dan wajib untuk kamu cicipi:

 

1. Pengkang

 

Kue khas Pontianak ini terbuat dari beras ketan, mirip dengan lemper, namun dengan isi daging ebi yang unik. Dibungkus daun pisang, dikukus, lalu dibakar hingga harum. Aroma khasnya pasti akan memikat selera.

 

2. Sotong Pangkong

 

Unik karena terbuat dari sotong, sotong pangkong dipanggang dan disuwir-suwir. Biasanya disajikan dengan sambal kacang sebagai lauk atau camilan.

 

3. Bubur Pedas

 

Bubur pedas Pontianak, berbeda dari bubur pada umumnya dengan topping sayuran seperti daun kesum dan daun pakis. Rasanya pedas khas rempah-rempah yang cocok untuk sarapan.

 

4. Choi Pan

 

Kue seperti pangsit ini memiliki berbagai isi seperti kucai, rebung, bengkuang, kacang, dan talas. Tersedia versi kukus dan goreng, yang enak disantap dengan minyak bawang putih.

 

5. Pisang Goreng Srikaya

 

Pisang goreng Pontianak berbeda karena disiram dengan saus srikaya. Kini tersedia dengan beragam rasa yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba.

 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Riau yang Lezat dan Kaya Rasa

 

6. Kiam Ko Kwe

 

Kue ini memiliki rasa gurih dan agak asin dengan daging ayam cincang di atasnya. Cocok sebagai teman minum kopi atau teh.

 

7. Pasung

 

Kue sambas yang langka, hanya ada di bulan Ramadhan, terbuat dari tepung beras dan dibungkus daun pisang berbentuk kerucut. Tersedia varian rasa gurih dan manis.

 

8. Kue Bingka

 

Kue beras bentuk bunga, tersedia tanpa kuah dan dengan kuah dari gula aren dicampur putih telur. Ragam rasa seperti durian, keju, dan lainnya membuatnya menarik.

 

9. Es Krim Petrus

 

Es krim legendaris Pontianak disajikan di atas batok kelapa dengan beragam buah sebagai isian. Minuman legendaris yang wajib dicoba.

 

10. Burung Punai

 

Olahan burung punai ini sangat lembut dan rasanya gurih. Tersedia dalam bentuk digoreng atau dibakar di restoran atau warung di Pontianak.

 

11. Jorong-Jorong

 

Kue Ramadhan berbahan dasar santan dan tepung beras, dicetak dengan daun pisang. Proses pembuatannya yang rumit membuatnya langka.

 

12. Lek Tau Suan

 

Bubur kacang hijau kupas yang hanya bisa kamu temui di Pontianak. Disajikan bersama cakue kering, cocok untuk sarapan atau camilan.

 

Baca Juga: Icip 7 Kuliner Khas Bali Ini Kalau Kamu Sedang Liburan Disana!!

 

Nikmati kelezatan kuliner khas Pontianak ini saat berlibur ke kota yang memukau dengan budaya dan citarasa kuliner yang unik. Selamat berlibur!!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp