9 Kampung Kreatif di Indonesia yang Cocok Untuk Liburan Sambil Belajar

By. Dewi Savitri - 28 Dec 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Indonesia tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tapi juga keberagaman kampung kreatif yang memiliki daya saing tinggi dalam industri kreatif. Setiap kampung kreatif di Indonesia menampilkan keunggulan uniknya sendiri dalam berbagai subsektor ekonomi kreatif.

 

Baca Juga: 8 Tempat Main di PIK yang Bisa Kamu Kunjungi saat Liburan Akhir Tahun

 

1. Kampung Pengrajin Keris (Madura)

 

Desa Aeng Tong-tong di Madura merupakan kampung kreatif yang hampir seluruh penduduknya adalah pembuat keris (Empu). UNESCO menobatkannya sebagai desa wisata dengan Empu terbanyak di dunia pada 2014. Keahlian turun-temurun dalam membuat keris halus dari Desa Aeng Tong-tong menarik minat wisatawan mancanegara.

 

2. Kampung Batik Laweyan (Solo)

 

Kampung Batik Laweyan di Solo dikenal sebagai kampung pengrajin batik. Aktivitas wisata mencakup sejarah, belajar membatik, hingga menikmati kuliner tradisional di kawasan cagar budaya ini.

 

3. Kampung Gitar (Sukoharjo)

 

Di Kampung Gitar, ratusan kepala keluarga di Desa Ngrombo, Sukoharjo, Jawa Tengah, menjadi pengrajin gitar. Berbagai jenis gitar kualitas terbaik diproduksi dan diekspor ke berbagai negara Eropa.

 

4. Kampung Pengasapan Ikan (Semarang)

 

Kampung Pengasapan Ikan di Mangut Bandarharjo, Semarang Utara, memiliki 25 rumah pengasapan ikan. Berbagai jenis ikan diproses dan dikirim ke rumah makan atau pusat oleh-oleh untuk diolah lebih lanjut.

 

Baca Juga: 11 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula saat Berlibur ke Eropa

 

5. Kampung Inggris (Kediri)

 

Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur, merupakan tempat pembelajaran bahasa Inggris. Peserta belajar di lingkungan yang mendorong komunikasi dalam bahasa Inggris, membuka peluang karir di bidang pariwisata.

 

6. Kampung YouTuber (Bondowoso)

 

Desa Tapen, Bondowoso, Jawa Timur, dikenal sebagai "Kampung YouTuber" karena banyak pemuda sukses sebagai YouTuber. Banyak orang datang untuk belajar menjadi YouTuber profesional di kampung ini.

 

7. Kampung Pempek (Palembang)

 

Kampung Pempek di Pasar 26 Ilir, Palembang, menjadi sentra pempek yang menawarkan berbagai macam jenis pempek khas Palembang.

 

8. Kampung Gerabah (Lombok)

 

Desa Banyumulek di Kecamatan Kediri, Lombok Barat, terkenal sebagai produsen gerabah terbesar di Lombok. Pengrajin berpengalaman membuat berbagai produk dari tanah liat.

 

9. Kampung Anyaman Rotan (Bengkayang)

 

Dusun Jagoi Kindau, Desa Sekida, Bengkayang, Kalimantan Barat, merupakan kampung kreatif dengan mayoritas pengrajin anyaman rotan. Produk unggulan seperti tas dan tikar diekspor ke luar negeri.

 

Baca Juga: Ini Dia 4 Tips Menikmati Sunrise di Bromo, Sudah Pernah Kesana??

 

Keberhasilan kampung-kampung kreatif ini menunjukkan potensi besar dari pengembangan lokal yang memperkaya pariwisata, ekonomi kreatif, dan kearifan lokal di Indonesia. Dengan memanfaatkan potensi alam dan keahlian turun-temurun, kampung-kampung ini mampu memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat lokal serta menarik minat wisatawan baik lokal maupun internasional.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp