Doa Memperbaiki Akhlak Menurut Sunnah Rasulullah SAW

By. Ibnu Fikri Ghozali - 28 Dec 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Dalam perjalanan hidup, sering kali kita merasa belum mencapai puncak kesempurnaan akhlak yang diinginkan. Ketika musibah menimpa, hawa nafsu kerap kali mempengaruhi reaksi kita. Namun, kita memiliki pedoman dari ajaran Islam untuk memohon bimbingan kepada Allah SWT guna meningkatkan akhlak kita.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Tempat Pertunjukan Seni yang Unik di Indonesia

 

Doa Memperbaiki Akhlak

Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah salah satu kunci untuk memperbaiki akhlak:

اللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, bimbinglah aku pada akhlak yang terbaik. Tidak ada yang bisa membimbing ke arah kebaikan selain Engkau. Lindungilah aku dari akhlak yang buruk, karena tidak ada yang dapat melindungiku dari keburukan tersebut kecuali Engkau."

 

Rasulullah SAW dan Doanya

Rasulullah SAW sendiri sering membaca doa ini di awal ibadah shalatnya, menunjukkan betapa pentingnya permohonan ini dalam kehidupan sehari-hari:

وكان من دعائه صلى الله عليه و سلم في افتتاح الصلاة اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Doa yang dibaca Rasulullah SAW di awal shalat adalah: 'Ya Allah, bimbinglah aku pada akhlak yang terbaik. Tidak ada yang bisa membimbing ke arah kebaikan selain Engkau. Lindungilah aku dari akhlak yang buruk, karena tidak ada yang dapat melindungiku dari keburukan tersebut kecuali Engkau.'" (HR Muslim).

 

Baca juga: 7 Tradisi Natal Unik yang Hanya Ada di Indonesia, Ada dari Daerahmu??

 

Doa ini mengandung makna mendalam tentang kesadaran kita terhadap kekurangan dan kesempurnaan yang ada dalam diri kita. Memohon kepada Allah untuk mendapatkan akhlak yang terpuji adalah langkah awal dalam perjalanan memperbaiki diri. Sebagai manusia, kita harus selalu berusaha dan berdoa agar diberi kemudahan dan bimbingan dalam setiap langkah kita menuju kesempurnaan akhlak.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp