Berikut Langkah-langkah Membuka Tabungan Haji

By. Dewi Savitri - 28 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat Annabil!!! Sebagai umat musli, kita pasti ingin menunaikan ibadah haji sebagai penyempurna rukun islam. Banyak hal yang perlu disiapkan sebelum kita mendaftar ibadah haji salah satunya adalah tabungan haji.

 

Baca Juga: 3 Macam Pelaksanaan Ibadah Haji dalam Islam yang Wajib Kamu Tau!!!

 

Tabungan ibadah haji adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh umat Muslim untuk mengumpulkan dana guna membiayai ibadah haji. Tabungan ini biasanya ditawarkan oleh bank-bank syariah atau lembaga keuangan lainnya yang berbasis syariah.

 

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka tabungan ibadah haji:

 

1. Pilih lembaga keuangan syariah yang tepat

 

Sebelum membuka tabungan ibadah haji, carilah informasi mengenai lembaga keuangan syariah yang menawarkan tabungan ibadah haji. Pilihlah lembaga keuangan syariah yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

 

2. Lakukan pendaftaran

 

Setelah memilih lembaga keuangan syariah yang tepat, lakukan pendaftaran untuk membuka tabungan ibadah haji. Biasanya, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website lembaga keuangan atau langsung datang ke kantor cabang lembaga keuangan.

 

3. Melengkapi persyaratan

 

Setelah melakukan pendaftaran, lembaga keuangan akan meminta Anda untuk melengkapi beberapa persyaratan seperti kartu identitas, nomor telepon, dan lain sebagainya. Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan dengan baik dan benar.

 

Baca Juga: Syarat Ihram yang Wajib Kamu Tau Sebelum Pergi Haji dan Umrah

 

4. Tentukan jumlah setoran

 

Setelah semua persyaratan terpenuhi, tentukan jumlah setoran yang akan Anda lakukan setiap bulannya. Besarnya setoran biasanya disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing individu.

 

5. Lakukan setoran secara rutin

 

Setelah menentukan besaran setoran, lakukan setoran secara rutin setiap bulannya. Jangan melewatkan setoran karena hal ini dapat mempengaruhi target dana yang ingin dicapai.

 

6. Tunggu hingga jangka waktu tabungan selesai

 

Setelah menyelesaikan setoran untuk jangka waktu yang telah ditentukan, Anda dapat menunggu hingga tabungan selesai. Setelah tabungan selesai, dana akan dikembalikan kepada Anda dan dapat digunakan untuk membiayai ibadah haji.

 

7. Pendaftaran dan persyaratan

 

Pendaftaran dan persyaratan pembukaan tabungan ibadah haji mungkin dapat berbeda-beda di setiap lembaga keuangan. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca dengan cermat setiap persyaratan yang diminta oleh lembaga keuangan yang Anda pilih.

 

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuka tabungan ibadah haji. Dengan membuka tabungan ini, Sobat Annabil dapat mengumpulkan dana secara bertahap dan teratur untuk membiayai ibadah haji yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga: Inilah Beberapa Halangan Haji yang Perlu Diketahui

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp