Mengenali Berbagai Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

By. Darma Taujiharrahman - 29 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim pada bulan Ramadan. Selain sebagai kewajiban, puasa juga memiliki banyak keutamaan yang dapat membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa keutamaan puasa yang dapat dijelaskan khususnya sebagaimana dijelaskan pada al-Quran 185 tentang keutamaan puasa di bulan Ramadhan.

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

 

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.

 

Baca juga: 6 Ketentuan I'tikaf yang Harus Diketahui

 

Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya untuk pertama kali diturunkan Al-Qur'an pada lailatul qadar, yaitu malam kemuliaan, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang salah.

 

Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada, yakni hidup, di bulan itu dalam keadaan sudah akil balig, maka berpuasalah. Dan barang siapa yang sakit di antara kamu atau dalam perjalanan lalu memilih untuk tidak berpuasa, maka ia wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain.

 

Allah menghendaki kemudahan bagimu dengan membolehkan berbuka, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu dengan tetap mewajibkan puasa dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dengan berpuasa satu bulan penuh dan mengakhiri puasa dengan bertakbir mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur atasnya.

 

Selain dari segi keutamaan dalam pengampunan dari dosa – dosa terdapat beberapa keutaman lain yang dapat diterima dari menjalankan puasa di bulan Ramadhan ataupun di luar bulan itu diantaranya:

 

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

 

Puasa adalah ibadah yang dilakukan untuk mengikuti perintah Allah SWT. Dengan melakukan puasa, seseorang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaannya.

 

Menyehatkan tubuh

 

Puasa dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama jika dilakukan dengan benar. Selama berpuasa, tubuh diberi kesempatan untuk membersihkan diri dari toksin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Baca juga: Hukum Makan Disengaja saat Ibadah Puasa

 

Menumbuhkan rasa empati

 

Puasa juga dapat membantu seseorang memahami rasa lapar dan haus yang dialami oleh orang lain yang kurang beruntung. Dengan merasakan hal ini sendiri, seseorang dapat lebih empati dan berusaha membantu mereka yang membutuhkan.

 

Mengontrol diri

 

Puasa dapat membantu seseorang mengontrol diri dari hawa nafsu dan godaan yang muncul di sekitarnya. Dengan belajar untuk menahan diri, seseorang dapat mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan diri dalam situasi-situasi lain dalam hidupnya.

 

Menyucikan hati

 

Puasa dapat membantu seseorang membersihkan hatinya dari perasaan negatif seperti iri hati, dengki, dan kebencian. Dengan fokus pada ibadah dan menjaga pikiran dan perbuatan yang baik, seseorang dapat memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan orang lain.

 

Mendapat pahala

 

Puasa adalah salah satu ibadah yang sangat dihargai oleh Allah SWT. Dengan berpuasa dengan ikhlas, seseorang dapat mendapatkan pahala yang besar dan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

 

Menjaga keseimbangan hidup

 

Puasa dapat membantu seseorang menjaga keseimbangan hidup dengan cara mengurangi konsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Dengan melakukan ini, seseorang dapat mengatur pola makan dan hidup yang lebih sehat dan teratur.

 

Itulah beberapa keutamaan puasa yang dapat dirasakan oleh umat muslim. Puasa bukan hanya sekedar menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi juga memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Oleh karena itu, puasa adalah ibadah yang penting bagi umat muslim dan harus dilakukan dengan ikhlas dan penuh kesadaran.

 

Baca juga: Hukum Puasa Wanita Menyusui, Ibu-Ibu Harus Tau!!!

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp