Keutamaan Sholat Dhuha dalam Islam

By. Ibnu Fikri Ghozali - 05 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dalam Islam, dan beberapa di antaranya dapat dijelaskan sebagai berikut:

 

Baca juga: Perjalanan Ilmu dan Kearifan Imam Syafi'i: Pemikiran dan Warisan

 

1. Mengikuti Sunah Rasulullah:

Sholat Dhuha merupakan bagian dari sunah Rasulullah SAW. Beliau mewasiatkan kepada Abu Hurairah untuk melaksanakan sholat Dhuha. Dengan melaksanakan sholat ini, umat Islam dapat mengikuti jejak dan petunjuk yang ditinggalkan oleh Rasulullah.

2. Pembersih Diri dari Dosa:

Sholat Dhuha dianggap sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa. Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang menjaga sholat Dhuha, dosanya akan diampuni oleh Allah, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.

3. Permohonan Dikabulkan:

Orang yang mendirikan sholat Dhuha akan merasakan bahwa kebutuhan-kebutuhannya akan dicukupi oleh Allah. Hal ini tercermin dari hadits qudsi yang menyatakan bahwa orang yang mendirikan sholat Dhuha, Allah akan mencukupi kebutuhannya.

4. Bukan Golongan yang Lalai:

Orang yang melaksanakan sholat Dhuha tidak termasuk dalam golongan yang lalai atau lengah dalam mencari rahmat Allah. Rasulullah menyatakan bahwa orang yang melaksanakan sholat Dhuha tidak termasuk dalam golongan yang lengah.

 

Baca juga: Niat dalam Ibadah: Makna dan Pentingnya

 

5. Sholat Awwabin:

Melaksanakan sholat Dhuha menjadikan seseorang termasuk dalam golongan hamba yang taat. Sholat ini dianggap sebagai sholat Awwabin, yaitu sholat yang dilakukan oleh hamba yang kembali taat kepada Allah.

6. Dibangunkan Rumah di Surga:

Orang yang melaksanakan sholat Dhuha akan dibangunkan rumah di surga oleh Allah. Hal ini merupakan anugerah dan keutamaan bagi mereka yang setia melaksanakan sholat ini.

7. Pahala seperti Haji dan Umroh:

Melaksanakan sholat Dhuha dapat memberikan pahala seperti orang yang pergi haji dan umroh. Rasulullah menyatakan bahwa orang yang melaksanakan sholat Dhuha setelah sholat Subuh akan mendapatkan pahala seperti orang yang pergi haji dan umroh.

8. Membangun Rumah di Surga:

Hadits lain menyebutkan bahwa orang yang melaksanakan sholat Dhuha sebanyak empat rakaat, bersama dengan empat rakaat sebelumnya, akan dibangunkan sebuah rumah di surga oleh Allah.

 

Baca juga: Promo Paket Umroh Ramadhan, Starting Semarang

 

Sholat Dhuha merupakan ibadah yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan. Melalui pelaksanaan sholat ini, umat Islam dapat mendapatkan berbagai keberkahan dunia dan akhirat.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp