Amalan - Amalan Malam Lailatul Qadar yang Perlu Diketahui

By. Darma Taujiharrahman - 29 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang sangat istimewa dalam agama Islam. Malam ini memiliki banyak keistimewaan, di antaranya adalah malam di mana Al-Quran pertama kali diturunkan, malam di mana doa-doa dikabulkan, dan malam di mana segala amal kebaikan dilipatgandakan. Malam Lailatul Qadar selalu dirayakan pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

 

Amalan Malam Lailatul Qadar

 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh umat Islam untuk merayakan malam Lailatul Qadar, di antaranya adalah:

  1. Berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT.
  2. Membaca Al-Quran dan mempelajari ajaran Islam.
  3. Menjaga shalat malam dan membaca zikir serta doa-doa yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar.
  4. Memberikan sedekah dan membantu sesama.
  5. Menjaga kesucian hati dan memperbanyak istighfar.

 

Sejarah Lailatul Qadar

 

Lailatul Qadar pertama kali disebutkan dalam Al-Quran dalam Surat Al-Qadr. Ayat pertama dalam surat ini menyatakan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Malam ini adalah malam kemuliaan yang suci dan penuh berkah.

 

Baca juga: Mengenali Berbagai Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

 

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ

 

Kelima ayat diatas menerangkan beberapa hikmah dari malam lailatul qadar yang dijelaskan pada lima poin

  1. Al-Qur’an adalah kitab suci yang mulia. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya untuk pertama kali kepada Nabi Muhammad di Gua Hira, atau menurunkannya secara sekaligus dari Lau Maf ke Baitul Izzah di langit dunia, pada malam qadar, malam kemuliaan dan ke agungan.
  2. Dan tahukah kamu, wahai Nabi Muhammad, apakah malam kemuliaan dan keagungan itu? Ungkapan Lailatul Qadr baru disebut oleh Al-Qur’an dalam ayat pertama surah ini sehingga Allah perlu menjelaskan artinya dan menggugah perhatian Nabi tentangnya.
  3. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan tanpa malam qadar di dalamnya. Ibadah pada malam itu mempunyai nilai yang sangat tinggi di mata Allah, lebih tinggi daripada ibadah selama seribu bulan.
  4. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh, yakni Jibril, dari langit ke bumi dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan makhluk yang telah ditentukan-Nya di Lauh Mahfuz untuk satu tahun mendatang, seperti umur, rezeki, kematian, dan sebagainya. Inilah yang membuat malam itu begitu mulia.
  5. Sejahteralah malam itu sejak matahari terbenam sampai terbit fajar. Pada malam itu Allah hanya menentukan keselamatan dan kesejahteraan bagi makhluknya. Para malaikat juga turun secara bergelombang sambil membawa rahmat, kebaikan, salam, dan berkah dari Allah. Pada malam itu pula, tiap kali berjumpa dengan orang beriman, para malaikat pasti mengucapkan salam kepadanya.

 

Menurut sejarah Islam, pada malam Lailatul Qadar, Malaikat Jibril turun ke bumi untuk memberikan wahyu pertama dari Al-Quran kepada Nabi Muhammad. Wahyu pertama yang diberikan kepada Nabi Muhammad adalah Surat Al-Alaq yang berisi tentang pentingnya belajar dan memperoleh pengetahuan.

 

Baca juga: 5 Macam Puasa Sunnah yang Perlu DIketahui

 

Keistimewaan Lailatul Qadar

 

Malam Lailatul Qadar memiliki banyak keistimewaan yang membuatnya menjadi malam yang sangat penting bagi umat Islam. Berikut beberapa keistimewaan dari Lailatul Qadar:

  1. Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana Al-Quran pertama kali diturunkan. Malam ini dipandang sangat penting oleh umat Islam karena Al-Quran adalah sumber utama ajaran Islam.
  2. Malam Lailatul Qadar merupakan malam di mana amal kebaikan dilipatgandakan. Segala amal kebaikan yang dilakukan pada malam ini akan mendapat pahala yang berlipat-lipat.
  3. Malam Lailatul Qadar juga merupakan malam di mana doa-doa dikabulkan. Segala doa yang dilakukan pada malam ini akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  4. Menurut hadis, malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya malam ini bagi umat Islam.

 

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Islam. Malam ini memiliki banyak keistimewaan dan pahala yang besar bagi mereka yang beribadah dan berdoa pada malam ini. Oleh karena itu, umat Islam di seluruh dunia merayakan malam ini dengan suka cita.

 

Baca juga: 2 Sunnah Berbuka Puasa Yang Harus Diketahui

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp