Inilah Dampak dari Durhaka kepada Orang Tua, Jangan Ditiru!

By. Syada - 08 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Orang tua bisa diibaratkan sebagai wali di rumah kita. Ibarat tersebut mempunyai arti bahwa kita sebagai anak haruslah berbakti kepadanya.

Dalam Q.S Lukman ayat 14 Allah berfirman yang artinya : “ Kami mewasiatkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun.”

 

Baca Juga : Menegur Anak dengan Bijaksana: Tuntunan Islam dalam Mendidik

 

Diantara dampak dari durhaka kepada orang tua :

 

1. Mendapatkan dosa besar

 

Sudah diharuskan oleh Allah SWT. Seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tuanya, dan jika hal itu dilanggar dengan otomatis ia akan mendapatkan dosa besar yang akan diterimanya di akhirat.

 

2. Mendapatkan azab dari Allah

 

Balasan seseorang atas perbuatan durhaka tersebut akan ia rasakan di dunia maupun di akhirat. Maka tak heran jika hidup seseorang yang durhaka kepada orang tuanya akan mendapatkan kesulitan-kesulitan di dunia karena tidak adanya ridho dari kedua orang tuanya dan siadi akhirat kelak akan mendapatkan siksa yang amat sangat pedih.

 

Baca Juga : 4 Cara Meminta Maaf Pada Orang Tua yang Berpulang dalam Islam

 

3. Dicabutnya keberkahan di dalam hidupnya

 

Dalam menjalani hidupnya ia merasakan hampa dan tak terarah karena Allah tidak menyukai perbuatan hambanya yang durhaka sehingga tidak diberikannya keberkahan dalam kehidupannya. Dan sia-sia mereka berbuat kebaikan selama di dunia jika mereka tidak segera memohon ampun kepada kedua orang tua dan Allah SWT.

 

Sebesar apapun materi maupun segala sesuatu seisi dunia kita berikan kepada kedua orang tua kita tidak akan bisa membalas kasih sayang mereka dan pengorbanan mereka yang sudah mereka berikan kepada kita dari kita dilahirkan sampai kapan pun juga. Maka dari itu marilah kita untuk tetap berbuat baik kepada bapak ibu kita dalam bentuk apapun. Jikalau orang tua kita sudah meninggal jagan sampai doa kita terputus untuknya minimal kita mengirimkan surat Al-Fatihah setelah sholat untuknya. Karena doa anak yang sholih termasuk amal yang tidak akan pernah terputus walaupun seseorang itu sudah meninggal.

 

Baca Juga :  Hak yang Harus Didapat Anak dalam Islam

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp