Gerakan Ayo Haji Muda, Solusi Masa Tunggu Haji Indonesia

By. Dewi Savitri - 29 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Annabil!!! Ibadah haji di Indonesia memiliki banyak problem yang menjadi PR bagi pemerintah Indonesia. Salah satu PR ini adalah tentang masa tunggu atau waiting list yang terlalu panjang. Saat ini, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Kementerian Agama RI meluncurkan gerakan program Gerakan Ayo Haji Muda sebagai jawaban dari beberapa persoalan penyelenggaraan ibadah haji.

 

Baca Juga: Berikut Langkah-langkah Membuka Tabungan Haji

 

Gerakan Ayo Haji Muda diciptakan untuk menghimbau para generasi muda untuk segera mendaftar ibadah haji saat usia muda. Saat ini rata-rata masa tunggu untuk menjalankan ibadah haji mencapai 25 sampai 30 tahun di beberapa daerah. Gerakan Ayo Haji Muda diharapkan juga dapat mengurangi jamaah dengan resiko tinggi (lansia) karena ibadah haji membutuhkan kesiapan kekuatan fisik maupun mental.

 

Dikutip dari merdeka.com, pada tahun 2018 Gerakan Ayo Haji Muda hanya terdiri dari satu segmen yaitu Haji Usia Muda. Gerakan ini bertransformasi menjadi tiga segmen yaitu haji usia dini, haji usia muda dan haji eksekutif pada tahun 2021 lalu.

 

Baca Juga: Pelimpahan Porsi Jemaah Haji Reguler, Kemenag

 

Pada segmen haji usia dini, anak-anak sudah dapat mendaftar saat berusia 6 tahun. Sebelumnya pendaftaran ibadah haji hanya dapat dilakukan oleh anak dengan usia minimal 12 tahun. Selanjutnya segmen haji muda yang terdiri dari golongan siswa SMA, mahasiswa, dan para karyawan baru. Kemudian segmen terakhir adalah haji eksekutif yang terdiri dari para orang tua berusia mapan namun baru ingin mendaftar haji di usia 40 tahun keatas. Untuk segmen haji eksekutif ini akan diarahkan untuk mendaftar haji khusus yang memiliki masa tunggu hanya selama 5 tahun.

 

Dengan Gerakan Ayo Haji Muda, pemerintah mengharapkan adanya kesadaran untuk mendaftar haji lebih awal bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan sebagian besar jamaah haji reguler mendaftar ibadah haji saat berusia lebih dari 40 tahun. Dengan masa tunggu yang panjang membuat jamaah akan sulit menunaikan ibadah haji saat berusia dibawah 60 tahun. Padahal, ibadah haji merupakan ibadah yang sangat mengandalkan kekuatan fisik.

 

Pemerintah yakin bahwa gerakan ini akan sukses dan menjadi jawaban bagi beberapa problem pelaksanaan ibadah haji di Indonesia.

 

Baca Juga: Informasi Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 H / 2023 M

 

Demikian informasi mengenai Gerakan Ayo Haji Muda yang diusung pemerintah ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Annabil sekalian.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp