Menyusuri Teduhnya Kebun Kurma

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Salah satu yang menarik untuk dikunjungi jemaah adalah kebun kurma Madinah. Ya, tempat ini kerap menjadi salah satu destinasi para jemaah haji dari berbagai negara. Apalagi, kurma adalah buah yang banyak khasiatnya sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW.

Ada sekitar 1.600 pohon kurma tumbuh di perkebunannya. Benteng tembok membentang di jalan utama jalan sebelah timur Masjid Quba sebagai pembatas perkebunan kurma tersebut. Kebun Kurma ini letaknya di kota Madinah, tepatnya 5 km dari Masjid Quba.

Kebun tersebut lebih pas bila disebut toko kurma, karena bangunan yang dominan di lokasi tersebut adalah bangunan tempat aneka macam kurma dijual. Sedangkan lokasi kebunnya sendiri berada di belakang dan samping kiri-kanan bangunan toko.

Kurma biasanya berbuah satu kali dalam satu tahun. Butuh waktu enam bulan dari mulai pohon kurma berbunga sampai bisa dipanen. Tidak sulit sebetulnya memelihara pohon kurma hanya cukup memberikan pupuk dan air agar pohonnya bisa tumbuh baik.

Meskipun hanya panen satu kali dalam setahun, keberadaan kurma bisa disimpan lama asal tidak terkena sinar matahari. Sebab, bila kurma tersengat sinar matahari terlalu lama akan mengeras. Menanam pohon kurma sendiri tebilang mudah. Biasanya kurma yang ditanam berasal dari tunas yang tumbuh di sekitar pohon kurma yang sudah tua. Kalau dari bijinya sangat sulit untuk tumbuh, meskipun tumbuh untuk berbuahnya pun sangat lama.



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp