Tidak Boleh Disepelekan! Beginilah Adab Merawat Rambut Menurut Islam

By. Syada - 10 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Rambut adalah bagian yang tak terpisahkan dari penampilan setiap individu. Sebagaimana disampaikan Rosulullah SAW dalam hadisnya yang menyatakan, “Barangsiapa yang memiliki rambut, hendaknya dia memuliakannya.” (HR. Abu Dawud dan Abu Hurairah). Oleh karena itu, merawat rambut adalah tindakan syukur kepada Allah SWT yang seharusnya dilakukan dengan penuh adab.

 

Berikut Adab dalam Merawat Rambut yang Perlu Diperhatikan:

 

Baca Juga: Perawatan Pascamelahirkan dalam Thibbun Nabawi Agar Ibu Tetap Sehat

 

1. Membersihkan Rambut dengan Shampo secara Teratur: Ketika mandi hendaknya secara rutin minimal sekali sehari dengan menggunakan shampo membantu menjaga kebersihan rambut. Ini mencegah rambut mengeluarkan aroma yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu orang di sekitar.

 

2. Penggunaan Minyak Rambut: Sunnah Rasulullah SAW menunjukkan penggunaan minyak rambut dalam perawatan. Riwayat Baihaqi menggambarkan bahwa Rasulullah SAW sering menggunakan minyak rambut dan merapikan jenggotnya. Memakai minyak rambut bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut.

 

3. Memotong Rambut dengan Rapi bagi Laki-laki: Bagi laki-laki, memotong rambut dengan rapi dan teratur adalah tindakan yang dianjurkan dalam Islam. Merapikan rambut tidak hanya menjaga penampilan tetapi juga memperlihatkan kebersihan dan keteraturan.

 

Baca Juga: Ini Dia Hukum dan Syarat Pengunaan Skin Care dalam Islam

 

4. Larangan bagi Wanita dalam Memotong Rambut Menyerupai Laki-laki: Islam melarang wanita untuk memotong rambutnya menyerupai laki-laki atau menggunakan ekstensi rambut palsu. Hal ini sebagai upaya untuk mempertahankan perbedaan gender dan menjaga identitas sesuai ajaran agama.

 

5. Larangan dalam Menyemir Rambut Warna Hitam: Menurut beberapa pandangan ulama, seperti Syekh Musthafa al-Khin dalam kitab fiqih Manhaji, menyemir rambut dengan warna hitam diharamkan karena dianggap sebagai upaya merubah ciptaan Allah SWT dan termasuk dalam bentuk penipuan.

 

Adab dalam merawat rambut bukan hanya tentang menjaga penampilan fisik tetapi juga sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan menjalankan adab-adab ini, kita memperlihatkan rasa syukur dan kepedulian terhadap karunia yang telah diberikan kepada kita.

 

Rambut yang sehat dan terawat adalah cermin dari kesehatan dan kebersihan diri. Dengan menghormati ajaran Islam dalam merawat rambut, kita bisa membangun kepercayaan diri dan keceriaan dari dalam hati, yang akan tercermin dalam penampilan luar kita.

 

Baca Juga: Trend Kawat Gigi, Ini Dia Hukumnya dalam Islam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp