Umur Panjang, Berkah Perbanyak Wakaf dan Sedekah

By. Darma Taujiharrahman - 11 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com - Wakaf merupakan salah satu instrument ekonomi dalam islam yang memberikan dampak konkrit dalam menciptakan kesejateraan masyarakat. Selain itu, keberkahan wakaf juga Kembali kepada diri sendiri sebagaimana telah disampaikan Rasulullah SAW dalam hadits

 

Baca juga: Dilarang!! Begini Hukum Pemerasan dalam Islam

 

عَنْ أَبِي هُرَيرَة رَضِي الله عَنْه أنَّ رَسُولَ الله عَليْه وَسَلم قَالَ : إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ : صَدَقَةٌ جَارِيَةٍ, أَوْ عِلمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, أَو وَلَدٍ صَالِحٍ يَدعُو لَهُ

 

Artinya: “Jika anak adam meninggal dunia, amalnya menjadi putus kecuali tiga hal. Pertama, shadaqah jariyah, ilmu yang dmanfaatkan, atau anak shalih yang mendoakan dia.” (HR Muslim: 931)

 

Sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat menjadikan umur panjang. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sedekah dapat menolak balak (mara bahaya) dan menjadikan umur panjang” Kisah sedekah yang membuat umur panjang ini terjadi pada zaman Nabi Dawud. Nabi Dawud memiliki seorang sahabat yang sangat dikasih dan merupakan pengikut setia dakwah Nabi Dawud.

 

Malaikat Jibril mengabarkan bahwa umur sahabat Nabi Dawud ini tinggal 50 hari lagi. Jibril memberi kesadaran kepada Nabi Dawud tentang ajal sahabatnya. Nabi Dawud kemudian mengatakan perihal kabar tersebut kepada sahabatnya. Sahabat ini sangat sedih, tetapi kemudian sadar dan tidak mau larut dalam kesedihannya. Sebentar lagi, sahabat ini akan meninggalkan dunia dan berpisah dengan seseorang yang begitu ia cintai. Di sisa waktunya yang tinggal 50 hari lagi, Nabi Dawud dan sahabatnya menjaga sedekah dan berharga.

 

Menurut Hadits dan Ulama, ada beberapa cara agar umur menjadi berkah dan panjang. Pertama, selalu dahulukan perintah Allah dan jauhi larangannya. Tunaikan segala yang menjadi kewajiban dan hindari semua larangan Allah. Dengan menjadi insan yang taat pada Allah, maka usia atau umur menjadi berkah. Sebab, segala aktivitasnya atas keataan kepada Allah Kedua, memperbanyak silaturahmi. Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturahim Ketiga, berbuat baik pada tetangga dan ikut meramaikan lingkungan dengan dakwah bisa memanjangkan umur. Silaturahim, akhlak yang baik, dan berbuat baik kepada tetangga, dapat meramaikan perkampungan dan memanjangkan umur.

 

Baca juga: Ini Dia Hukum Wudhu Bagi Kamu yang Punya Kuku Panjang

 

Wakaf juga merupakan salah satu amalan yang dapat menjadikan umur panjang. Kisah sedekah sahabat Nabi Dawud yang membuat umur panjang menjadi bukti nyata akan hal ini. Sahabat Nabi Dawud ini menjaga sedekah dan berharga di sisa waktunya yang tinggal 50 hari lagi. Dalam Islam, wakaf dikatakan sebagai amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang mewakafkan telah meninggal. Wakaf dapat berupa tanah, bangunan, atau harta lainnya yang diwakafkan untuk kepentingan umum, seperti pendidikan dan peribadatan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp