5 Pasti, Tips Pilih Tour & Travel Aman dan Terpercaya!!!

By. Dewi Savitri - 29 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Annabil!!!! Setelah pandemi dan beristirahat yang cukup panjang, ibadah umrah akhirnya kembali diizinkan beroperasional. Jasa travel umrah di Indonesia juga sudah mulai aktif memberangkatkan jamaahnya ke Tanah Suci. Bukan hanya umrah, paket umrah dan wisatapun sudah mulai diaktifkan Kembali dan tentu mendapat sambutan yang hangat bagi para jamaah di Indonesia. Harga dari paket umrah dan wisata juga sangat variatif, semuanya dapat dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

 

Baca Juga: Sejarah Malam Lailatul Qadar yang Perlu Diketahui

 

Pada umumnya, travel umrah atau biro perjalanan akan menawarkan berbagai jenis paket yang berbeda. Perbedaan harga ini juga bergantung pada fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Adanya perbedaan harga ini tentu akan mempermudan jamaah dalam menentukan perjalanan yang sesuai dengan keinginan. Tentunya dengan menyesuaikan biaya dari masing-masing individu.

 

Banyaknya tour agent di Indonesia membuat masih merebaknya kasus-kasus penipuan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus pintar dalam memilih tour & travel agen agar perjalanan kita berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Berikut beberapa tips memilih travel umrah yang aman:

 

1. Pastikan izin travelnya

 

Saat ini memang sudah banyak travel umroh yang menawarkan berbagai layanan dengan harga yang bersaing. Namun, sebaiknya jamaah jangan mudah tergiur dengan harga yang ditawarkan karena tak sedikit pula oknum travel umroh yang justru melakukan penipuan. 

Kemenag RI sudah memberikan akses yang mudah bagi jamaah untuk memeriksa perizinan travel umroh melalui laman resmi simpu.kemenag.go.id. jamaah dapat mencari tahu izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), serta dapat mengadukan travel umroh yang dianggap telah merugikan jamaah maupun pihak lain. Cara ini dapat membantu calon jamaah untuk membedakan mana saja travel umroh yang terpercaya dan tidak. 

 

2. Pastikan jadwal keberangkatan jelas

 

Baca Juga: Tempat-Tempat yang Tidak Boleh Digunakan Sholat

 

Setelah melakukan riset dan memeriksa izin travel umroh yang bersangkutan, selanjutnya jamaah dapat memastikan jadwal keberangkatannya. Jadwal ini bukan sekadar tanggal dan jam keberangkatan saja, tetapi jamaah juga perlu mengetahui jadwal aktivitas atau itinerary saat di Tanah Suci. Biasanya pihak travel umroh telah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. Jamaah perlu waspada jika terjadi penundaan keberangkatan lebih dari satu bulan dan perubahan itinerary yang tiba-tiba.

 

3. Pastikan maskapainya

 

Jika mengalami penundaan keberangkatan dari pihak travel umroh, Anda perlu mengetahui alasan dan kendala yang terjadi. Untuk memastikan tidak terjadi penundaan, jamaah harus memastikan tiket pesawat yang dipesan oleh pihak travel umroh apakah memang sudah dipesan atau justru mereka baru melakukan booking saja. 

Jamaah juga perlu mengetahui maskapai yang digunakan, apakah sesuai dengan paket atau program yang dijanjikan pihak travel umroh atau tidak? Bila terjadi pergantian maskapai, jamaah harus memastikan apakah pesawat penggantinya setara dengan pesawat sebelumnya. Hal tersebut penting untuk menghindari risiko kerugian akibat perubahan fasilitas yang lebih buruk. 

 

4. Pastikan hotelnya

 

Berikutnya adalah memastikan hotel yang akan menjadi tempat untuk jamaah beristirahat saat di Tanah Suci. Umumnya hotel yang ideal untuk dijadikan tempat menginap selama ibadah umrah minimal bintang 3. 

Biasanya pihak travel umroh memperlihatkan nama hotel saat kita memilih paket umroh. JIka ada pergantian hotel, idealnya jamaah harus mendapatkan hotel pengganti yang setara atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu, jamaah perlu mengetahui nama hotel saat pihak travel umroh menawarkan berbagai paket ibadah dan wisata yang ada. 

 

5. Pastikan visa dan persyaratan lainnya

 

Selain paspor, sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah umrah, jamaah juga harus memiliki visa sebagai dokumen penting untuk masuk ke Saudi Arabia. Jika Anda tidak memiliki visa umroh, maka dipastikan jamaah tidak dapat berangkat menunaikan ibadah umroh meski jamaah sudah memiliki tiket pesawat. 

 

Baca Juga: Gerakan Ayo Haji Muda, Solusi Masa Tunggu Haji Indonesia

 

Itu dia tips memilih biro perjalanan umrah yang aman, semoga tips ini bermanfaat bagi Sobat Annabil yang sedang memilih travel agent untuk beribadah.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp