Kenapa Bulan Rajab Menjadi Bulan Istimewa ?

By. Ibnu Fikri Ghozali - 12 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bulan Rajab dianggap sebagai bulan yang agung dan mulia dalam kalender hijriyah. Menurut Sayyid Abu Bakar Syattha’ dalam Kitab I’ânah at-Thâlibîn, kata "Rajab" diambil dari at-tarjîb yang berarti mengagungkan atau memuliakan. Masyarakat Arab pada masa lalu lebih memuliakannya dibandingkan bulan lainnya.

 

Baca juga: Ini Dia 3 Manfaat Khitan/Sunat Bagi Kesehatan Menurut Medis

 

Allah SWT menyatakan bulan ini sebagai bulan yang agung dan mulia, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ 

"Ini adalah perhitungan bulan dalam kitab (Allah), yaitu (permulaan) penciptaan langit dan bumi; di antaranya empat bulan haram." (Surat At-Taubah [9:36])

 

Syekh Wahbah bin Musthafa Az-Zuhaili menjelaskan bahwa bulan Rajab termasuk empat bulan haram bersama dengan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Bulan-bulan ini memiliki nilai sakral dan pemuliaan khusus. Segala amal ibadah dan perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya, begitu pula dengan perbuatan buruk.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Tips Tetap Sehat saat Liburan yang Mudah Untuk Dilakukan

 

Bulan Rajab juga dikenal dengan beberapa nama, seperti "bulan fardu" karena merupakan satu-satunya bulan haram yang tidak bersamaan dengan yang lainnya. Nama lainnya adalah "bulan asham" yang berarti tuli, karena pada bulan ini terdengar gencatan senjata di antara bangsa Arab jahiliah. Selain itu, bulan ini juga disebut "Rajam" yang berarti melempar, karena pada bulan ini musuh dan setan-setan dikutuk dan dilempari.

 

Imam Al-Hafiz Abu Hasan al-Khalal menyampaikan bahwa bulan Rajab dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat banyak kebaikan untuk bulan-bulan berikutnya, yaitu Sya’ban dan Ramadhan. Allah memperbanyak kebaikan dan melipatgandakan pahala di bulan ini.

 

Bulan Rajab juga menjadi persiapan awal umat Islam menuju bulan-bulan suci berikutnya. Umat Islam dihimbau untuk meningkatkan ketaatan dan kebaikan sebagai persiapan menghadapi bulan Sya’ban dan Ramadhan.

 

Baca juga: Laki-Laki menggunakan Cincin Emas, Begini Hukumnya!

 

Dengan keistimewaannya, bulan Rajab menjadi waktu yang sangat baik untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga umat Islam dapat mengambil manfaat dan keberkahan dari keutamaan bulan Rajab ini.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp