Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Sebelum Umrah

By. Syada - 12 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Melakukan ibadah umroh merupakan momen yang sangat sakral bagi umat Islam. Sebagai calon jamaah umroh, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting agar ibadah berjalan dengan lancar dan maksimal. Berikut adalah beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan sebelum melakukan perjalanan umroh.

Baca Juga: Kiat Antisipasi Aksi Kejahatan Saat Berhaji dan umrah

1. Medical Check-up

Sebelum berangkat, lakukan medical check-up menyeluruh untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. pemeriksaan ini dimulai dengan melakukan pemeriksaan BMI atau indeks massa tubuh.Tes BMI adalah prosedur dengan mengukur dan mengaitkan tinggi dan berat badan. Lalu, tim medis juga akan melakukan pemeriksaan lain guna memastikan kondisi kesehatan pasien.

2. Olahraga

Baca Juga: Batemuri Tour , Solusi Umroh Bagi Semua Golongan

Rutinlah melakukan olahraga ringan setiap hari untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Olahraga seperti lari, yoga, atau jalan kaki dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, terutama dalam menghadapi aktivitas yang cukup intens selama umroh.

3. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan memberikan kesegaran tubuh dan membantu mengurangi stres akibat aktivitas harian. Dengan tubuh yang fit, pelaksanaan ibadah umroh dapat dilakukan dengan maksimal.

4. Menjaga Pola Makan

Perhatikan pola makan dengan memastikan asupan nutrisi yang cukup. Penuhi kebutuhan harian dengan konsumsi makanan sehat, kaya akan karbohidrat, protein, dan vitamin. Hindari makanan berlebihan dan pilih makanan yang ringan namun bergizi.

5. Persiapkan Obat dan Perlengkapan Penting

Siapkan obat-obatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan umroh, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Selain itu, bawa perlengkapan penting seperti pelembab kulit dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang suhunya sangat panas.

6. Vaksin

Lakukan vaksinasi sesuai arahan dari biro perjalanan umroh. Vaksin dapat membantu mencegah risiko penyakit yang menular selama di Arab dan memperkuat sistem imun tubuh.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, calon jamaah umroh dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat. Melalui persiapan yang matang, diharapkan ibadah umroh dapat berjalan dengan lancar dan dilaksanakan dengan kesehatan yang prima.

Baca Juga: Berangkat Haji dan Umrah Bagi Penderita Hipertensi









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp