15 Istilah Penting dalam Haji dan Umroh

By. Abid Rauf - 12 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Beribadah haji dan umroh tentunya menjadi impian setiap muslim. Namun, tantangannya juga tidak sedikit. Selain terkait biaya yang tidak murah dan masa tunggu yang lama, ada juga kendala lain. Ibadah ini perlu dilakukan di negara lain dan memiliki banyak istilah dalam bahasa Arab. Sambil menunggu kesempatan untuk beribadah ke sana, ada baiknya kamu mempelajari istilah-istilah penting dalam haji dan umroh. Berikut adalah lima belas istilah paling penting.

1.    Arafah

Arafah atau dikenal juga sebagai Jabal Rahmah yang berarti bukit kasih sayang terletak sekitar 24 km di bagian timur Mekah. Sebutan Jabal Rahmah disematkan pada bukit ini karena di sinilah Nabi Adam dan Siti Hawa dipertemukan kembali oleh Allah SWT.

2.    Baqi

Baqi adalah area pemakaman yang telah digunakan sejak zaman jahiliah hingga kini. Terdapat sekitar 10.000 makam di area ini, termasuk di antaranya sahabat, istri, dan anak Rasulullah.

3.    Dam

Dam adalah denda yang harus dibayar oleh mereka yang melanggar aturan haji dan umroh. Secara harfiah berarti darah, dam dapat dibayarkan berupa penyembelihan hewan ternak.

4.    Hajar Aswad

Hajar Aswad adalah batu berwarna hitam kemerahan yang terletak di Rukun Yamani, salah satu sudut Kakbah. Hitungan tawaf biasanya menggunakan posisi Hajar Aswad sebagai patokan.

5.    Hari Tasyrik

Inilah hari ketika para jemaah haji melakukan mabit di Mina untuk melakukan lempar jamrah. Hari ini jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 bulan Dzulhijjah. 

6.    Ihram

Niat untuk melakukan ibadah haji atau umroh ini merupakan salah satu rukun hari dan umroh. Bagi laki-laki, disunahkan untuk memakai kain ihram, sedangkan bagi jemaah perempuan, harus memakai pakaian yang menutup aurat kecuali telapak tangan dan wajah.

7.    Jamrah (jumroh)

Dalam ibadah haji dan umroh, jamrah berarti melempar kerikil ke arah jumaraat di Mina. Kegiatan tersebut juga sering disebut dengan sebutan melempar jamrah.

 

Baca juga : Miqat dalam Ibadah Haji: Batasan Waktu dan Tempat

8.    Kakbah

Umat muslim tentunya telah mengetahui Kakbah. Bangunan berbentuk kubus yang dibangun oleh Nabi Ibrahim A.S. ini adalah salah satu yang paling ingin segera dilihat oleh calon jemaah haji dan umroh.

9.    Mabit

Secara bahasa, mabit berarti berhenti sejenak atau bermalam. Dalam tata cara ibadah haji dan umroh, mabit dilakukan di Muzdalifah dan Mina. Jadwal di Muzdalifah adalah setelah wukuf di Arafah, sedangkan di Mina pada hari-hari tasyrik.

10.    Manasik

Kegiatan latihan melakukan ibadah haji atau umroh ini umumnya dilakukan jemaah dari Indonesia di tanah air dengan dipandu oleh pembimbing haji dan umroh. Kegiatan ini biasanya diatur oleh biro perjalanan yang Anda pilih.

Beribadah haji dan umroh tentunya menjadi impian setiap muslim. Namun, tantangannya juga tidak sedikit. Selain terkait biaya yang tidak murah dan masa tunggu yang lama, ada juga kendala lain

11.    Miqat Zamani

Adalah waktu dan tempat yang tepat untuk melakukan ibadah haji. Sebagian besar ulama berpendapat waktu tersebut adalah sejak 1 Syawal sampai terbit fajar pada 10 Dzulhijjah.

12.    Sai

Istilah untuk merujuk pada kegiatan berlari-lari kecil dari bukit Safa ke Bukit Marwah tujuh kali berturut-turut.

13.    Salat Arbain

Adalah salat wajib berjemaah sebanyak empat puluh kali berturut-turut. Banyak jemaah haji dan umroh ingin melakukan salat arbain ini di Masjid Nabawi, tetapi hal ini tidak wajib atau bukan rukun haji dan umroh.

 

Baca juga : Pengertian Dam Haji dan Macam-Macamnya dalam Ibadah Haji

14.   Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, dengan posisi Kakbah berada di sebelah kiri (berlawanan arah jarum jam). Tawaf ada yang bersifat wajib dalam ibadah haji dan umroh. Tawaf wajib atau disebut tawaf ifadah ini dilakukan setelah wukuf.

15.    Wukuf

Wukuf adalah berdiam diri di Padang Arafah. Kegiatan yang dilakukan oleh jemaah biasanya adalah berdoa atau mendengarkan pengajian.

Itulah lima belas istilah penting tentang haji dan umroh yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi tersebut membuat sahabat Annabil Tour semakin bersemangat untuk beribadah ke tanah suci

 

Wallahua’lam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp