Purwokerto, Kota Keripik dan Segala Kulinernya!

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Terkenal sebagai kota wisata, Purwokerto tak hanya menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang menarik tetapi juga kekayaan kuliner tradisional khas yang wajib untuk dicicipi. Ibukota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini bahkan dijuluki sebagai Kota Kripik karena industri kuliner Kripik yang menjamur di kota ini.

Tertarik untuk jelajahi ragam makanan tradisional khas Purwokerto? Simak rekomendasi kuliner khas Purwokerto paling populer berikut:

1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan merupakan salah satu jajanan tradisional yang sudah banyak terkenal di berbagai kota. Siapa sangka ternyata makanan khas satu merupakan salah satu ikon kuliner di Kota Purwokerto. Olahan tempe dengan bumbu mendoan ini wajib Sobat Batemuri cicipi saat berkunjung ke Purwokerto.

2. Getuk Sokaraja

Salah satu makanan tradisional yang cukup mudah Sobat Batemuri temui saat singgah ke Purwokerto adalah Getuk. Getuk Sukoraja merupakan salah satu kuliner khas Purwokerto yang telah melegenda dan masih sangat populer hingga saat ini. Makanan khas Purwokerto ini memiliki cita rasa manis yang khas dan tekstur yang empuk saat dikunyah.

3. Soto Sokaraja

Selain Getuk, kuliner khas Purwokerto selanjutnya yang sudah banyak dikenal oleh penggemar makanan khas Purwokerto adalah Soto Sokaraja. Cita rasa khas dari kuliner ini didapatkan oleh olahan kuah kaldu sapi yang diolah bersama kacang. Dilengkapi topping seperti berbagai jenis kerupuk, menambah kenikmatan dari kuliner tradisional asal Purwokerto ini.

4. Cenil

Makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Cenil. Jajanan tradisional yang identik dengan warna-warni dan juga tekstur kenyalnya ini terbuat dari olahan singkong, tepung sagu, dan berbagai bahan lainnya serta ditaburi parutan kelapa.

5. Buntil

Di Purwokerto, Toppers juga wajib mencicipi Buntil, panganan tradisional khas Purwokerto yang terbuat dari daun singkong, atau daun talas hingga daun pepaya untuk membungkus parutan kelapa dan berbagai isian lainnya sebelum diikat dan dimasak bersama kuah santan yang gurih dan sedikit pedas.

6. Badeg

Badeg atau Wedang Badeg adalah minuman khas Purwokerto yang dibuat dari sari bunga kelapa yang difermentasi. Bahan dan cara pengolahan yang unik inilah yang memberikan cita rasa khas yang menyegarkan.

7. Nopia

Berbahan dasar tepung terigu, Nopia adalah makanan khas Purwokerto, Banyumas yang pengolahannya masih sangat tradisional, yakni dengan menempelkannya pada bagian dalam tungku untuk dipanggang. Dengan ragam pilihan isi mulai dari gula jawa, kacang, dan cokelat, Nopia merupakan salah satu makanan khas Purwokerto yang cukup populer sebagai buah tangan asal Purwokerto. Itulah berbagai kuliner tradisional khas Purwokerto yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kota Keripik satu ini. Makanan khas Purwokerto mana yang jadi pilihan favoritmu?



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp