Arab Saudi Siap Operasikan Taksi Terbang untuk Jemaah Haji dan Umrah

By. Darma Taujiharrahman - 17 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com Arab Saudi, melalui perusahaan penerbangan Saudia Airline, telah mengumumkan rencananya untuk mengoperasikan taksi terbang guna mengangkut jemaah haji dan umrah dari Jeddah ke Mekkah menuju penginapan para jamaah. Pemerintah Arab Saudi berencana untuk membeli sekitar 100 pesawat untuk mendukung layanan transportasi inovatif ini.

 

Baca juga: Keistimewaan Ibadah Umrah

 

Menurut Abdullah Al-Shahrani, Direktur Komunikasi Saudia Group dan Juru Bicara perusahaan, langkah ini merupakan bagian dari persiapan mereka untuk memanfaatkan taksi terbang sebagai moda transportasi baru selama musim haji. Salah satu poin penting yang diungkapkan oleh Al-Shahrani adalah penggunaan pesawat listrik Lilium sebagai armada utama untuk layanan ini.

 

"Pesawat listrik Lilium adalah pesawat pertama yang beroperasi sepenuhnya dengan tenaga listrik," ujar Al-Shahrani seperti yang dikutip oleh Saudi Gazette. "Setelah menyelesaikan pengauran yang diperlukan, pesawat-pesawat ini akan terbang bersama para tamu Allah selama musim haji dan umrah," tambahnya kepada Al Arabiya.

 

 
 

Pesawat listrik Lilium/dokAntaraNews

 

Al-Shahrani menjelaskan bahwa setiap taksi listrik dapat membawa empat hingga enam penumpang, menciptakan opsi transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Keberlanjutan juga menjadi perhatian utama, dengan taxi listrik ini diklaim memiliki emisi karbon yang rendah.

 

"Ini adalah langkah penting dalam kerangka upaya untuk meningkatkan sektor transportasi udara di Kerajaan Arab Saudi, karena inisiatif ini akan berkontribusi secara signifikan untuk merangsang keberlanjutan sektor pariwisata di Kerajaan, melalui penerbangan bebas emisi," tambah Al-Shahrani.

 

Baca juga: Mengatasi hipotensi pada jamaah haji dan umrah

 

Rencana pengoperasian taksi terbang ini tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transportasi selama musim haji dan umrah, tetapi juga berpotensi membuka pintu untuk pengembangan lebih lanjut dalam sektor transportasi udara di Arab Saudi. Dengan teknologi listrik dan fokus pada keberlanjutan, proyek ini dapat menjadi tonggak penting dalam evolusi transportasi di negara tersebut.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp