Begini Pendangan Abah Guru Sekumpul Tentang Kopi

By. Syada - 18 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Kopi disebut sebagai minuman para kekasih Allah, Imam ibnu Hajar al-Haitami memuji kopi karena kopi dapat menghilangkan kesusahan dalam hati dan pikiran orang dan dengan minum kopi dapat dengan mudahnya Cahaya Allah SWT sampai ke orang yang minum kopi tutur Habib Jafar.

 

Baca Juga: Tradisi Minum Kopi dalam Islam, Begini Doa Rasulullah Saat Minum Kopi

Abah guru sekumpul martapura pun menganjurkan untuk kita meminum kopi setiap harinya walaupun hanya seteguk saja. Beliau mengatakan selama bekas kopi masih ada di tenggorokan manusia, selama itu juga malaikat memintakan ampunan kepada Allah SWT segala dosa orang tersebut.

 

Tidak hanya dari segi spiritual, namun minum kopi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang patut diperhatikan:

1. Meningkatkan Energi

Kopi mengandung kafein, suatu stimulan pada sistem saraf pusat yang dikenal mampu melawan kelelahan dan meningkatkan energi seseorang. Sebagian besar orang menemukan bahwa secangkir kopi dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan.

 

Baca Juga: Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Sebelum Umrah

2. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Antioksidan dalam kopi dapat memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme. Kombinasi ini dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

 

3.Mendukung Kesehatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat melindungi dari gangguan neurodegeneratif, termasuk Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan dalam kopi diyakini memiliki peran dalam menjaga kesehatan otak.

 

4. Menyeimbangkan Berat Badan

Kopi dapat memengaruhi penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, keduanya berkontribusi pada upaya menyeimbangkan berat badan.

 

5. Penurunan Risiko Depresi

Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8 persen lebih rendah. Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat bunuh diri.

 

Meskipun demikian, konsumsi kopi tetap harus diperhatikan agar tidak berlebihan, sesuai dengan ajaran agama yang tidak menyukai perilaku berlebihan. Perlu diingat bahwa kafein dapat memengaruhi tingkat tekanan darah, sehingga disarankan bagi mereka dengan tekanan darah yang tidak terkendali untuk membatasi konsumsinya.

 

Dalam kesimpulannya, minum kopi bukan hanya sebuah kenikmatan, tetapi juga sebuah anugerah yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Dengan tetap memperhatikan batasan yang bijak, kita dapat menikmati nikmatnya kopi sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan seimbang.

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Makanan Manis bagi Kesehatan Saat Berpuasa









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp