Beginilah Cara Rosulullah Tidur

By. Syada - 24 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Islam telah mengajarkan sebegitu detailnya segala aktifitas, perilaku, ibadah yang dilakukan manusia setiap harinya, salah satunya yakni tidur. Tidur merupakan salah satu aktifitas yang penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan tidur yang berkualitas badan kita akan beristirahat dan akan tambah segar setelah bangun tidur. Nabi Muhammad SAW memberikan tuntunan yang perlu kita perhatikan mengenai cara tidur beliau. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita ambil sebagai panduan untuk mendapatkan tidur berkualitas, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

 

Baca Juga: Salah Paham, Ini Dia Hukum Tidur Setelah Ashar yang Sebenarnya

1. Wudhu Sebagai Pembersih Diri Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Nabi Muhammad SAW senantiasa melakukan wudhu . Wudhu bukan hanya sekadar ritual kebersihan fisik, tetapi juga memberikan kebersihan spiritual. Membersihkan diri dengan wudhu sebelum tidur membawa ketenangan pikiran dan meremajakan tubuh, menciptakan kondisi tidur yang lebih nyaman.

2. Membersihkan Tempat Tidur 

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW sebelum tidur adalah membersihkan tempat tidur dengan mengibaskan menggunakan kain sebanyak tiga kali. Tindakan ini bukan hanya bentuk kebersihan tempat tidur saja, tetapi juga mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Tempat tidur yang bersih dan rapi dapat menciptakan suasana yang tenang dan nyaman untuk tidur.

3. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nash Sebagai Pelindung

Baca Juga: Larangan Tidur Setelah Maghrib dalam Islam, Ini Dia Hukumnya!!

Nabi Muhammad SAW biasa membaca tiga surat pilihan sebelum tidur, yaitu Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nash, lalu meniupkan ke telapak tangan dan mengusapkan ke seluruh tubuh. Surat-surat ini dikenal sebagai "Tiga Qul" yang memiliki keistimewaan khusus dalam melindungi kita saat tidur dari gangguan makhluk gaib. Membaca surat-surat ini sebelum tidur dapat menjadi benteng spiritual untuk menjaga tidur kita dari gangguan yang tidak diinginkan.

4. Berbaring ke Arah Kanan

Nabi Muhammad SAW sering tidur dengan posisi berbaring menghadap ke  kanan dan meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan sebagai tumpuan. Posisi ini tidak hanya memberikan kenyamanan fisik, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Berbaring ke arah kanan dapat membantu pencernaan dan mengurangi tekanan pada jantung, menciptakan tidur yang lebih nyaman dan mendukung kesehatan tubuh.

5. Membaca Doa Tidur  

Doa sebelum tidur merupakan bentuk kesadaran spiritual sebelum tidur. Nabi Muhammad SAW berdo'a dengan do'a yang sudah beliau ajarkan. Doa ini mencakup permohonan ampunan, perlindungan dari gangguan setan, dan memohon agar bangun dalam keadaan baik.

 

Dengan mengikuti tuntunan tidur Nabi Muhammad SAW, kita tidak hanya mendapatkan tidur yang berkualitas, tetapi juga meraih manfaat spiritual dan kesehatan. Tidur yang dijalani sesuai dengan sunnah Nabi dapat membawa ketenangan pikiran, kebersihan tubuh, dan keamanan dari gangguan makhluk gaib. Mari ikuti kesunahan beliau ini untuk mencapai tidur yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 6 Sunnah Saat Bangun Tidur yang Bisa Kamu Amalkan









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp