Umroh Bersama Anak? Begini Pedoman Penggunaan Stroller di Masjidil Haram Makkah

By. Darma Taujiharrahman - 31 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com - Arab Saudi, 31 Januari 2024 - Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi baru-baru ini mengeluarkan aturan yang melarang jamaah dan jamaah umroh membawa kereta bayi atau stroller di lantai dasar area mataf, yang merupakan area melaksanakan tawaf di sekitar Ka'bah. Keputusan ini diambil dalam upaya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi para jamaah yang menjalankan ibadah suci di Masjidil Haram di Makkah.

 

Baca juga: Tempat Ziyarah di Madinah yang Sering Dikunjungi Jama’ah Haji dan Umrah

 

Menurut otoritas, terdapat area khusus yang ditunjuk untuk mengambil kereta bayi anak-anak di dalam Masjidil Haram. Lokasi yang diizinkan untuk membawa kereta bayi termasuk lantai atas mataf, serta mas'a (area lari antara Safa dan Marwa). Namun, perlu diingat bahwa masuknya kereta bayi harus melalui Area Ekspansi Raja Fahd. Pihak berwenang secara tegas melarang kereta bayi memasuki Masjidil Haram jika terjadi kepadatan di lantai mataf dan mas'a, untuk menghindari risiko gangguan dan memastikan kelancaran ibadah.

 

Kementerian Haji dan Umrah Saudi turut merespons aturan baru ini dengan mengeluarkan pedoman penting bagi orang tua dan wali yang membawa anak-anak mereka saat melaksanakan ibadah umroh di Masjidil Haram Makkah.

 

Instruksi ini disebarkan melalui akun resmi Twitter Kementerian, dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pelaku ibadah mengenai peraturan yang berlaku.

 

Kementerian menegaskan pentingnya memastikan pengalaman umroh yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Para orang tua dan wali diingatkan untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan dan memahami lokasi yang diperbolehkan untuk membawa kereta bayi. Hal ini dilakukan agar tidak hanya ibadah umroh berjalan lancar, tetapi juga untuk melindungi keselamatan anak-anak yang hadir dalam lingkungan ibadah tersebut.

 

Baca juga: Tempat Ziarah di Makkah yang Perlu Kalian Kunjungi

 

Langkah ini sejalan dengan upaya Arab Saudi untuk terus meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi para jamaah yang datang menjalankan ibadah di Masjidil Haram. Sebagai pusat ibadah Islam terbesar di dunia, menjaga kekhusukan dan kenyamanan Masjidil Haram adalah tanggung jawab bersama yang harus diemban oleh seluruh umat Muslim yang melakukan ibadah di tempat suci ini.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp