Bagaimanakah Keutamaan Menikah Menurut Islam?

By. Darma Taujiharrahman - 31 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hukum nikah dalam Islam merupakan salah satu perintah agama yang diwajibkan kepada setiap muslim dan muslimah yang ingin menjalin hubungan pernikahan. Nikah merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia, karena melalui nikah, seseorang dapat membangun keluarga dan melanjutkan keturunan.

 

Dalam Quran surat An Nur ayat 32 telah dijelaskan sekilas tentang perintah dilaksanakan suatu pernikahan.

 

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

 

Nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu, baik laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

 

Hukum nikah dalam Islam juga dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadits sebagai suatu perintah yang harus ditaati oleh setiap umat muslim. Surat An-Nisa' ayat 1 menyebutkan,

 

Baca juga: Menikah saat Ihram? Ini Dia Hadisnya!

 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

 

Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu (Adam) dan Dia menciptakan darinya pasangannya (Hawa). Dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

 

Ayat ini menegaskan bahwa Nabi Adam a.s. dan Hawa tidak diciptakan melalui proses evolusi hayati seperti makhluk hidup lainnya, tetapi diciptakan secara khusus seorang diri, lalu diciptakanlah pasangannya dari dirinya. Mekanismenya tidak dapat dijelaskan secara sains. Selanjutnya, barulah anak-anaknya lahir dari proses biologis secara berpasangan-pasangan sesuai kehendak-Nya.

 

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan pentingnya pernikahan dengan mengatakan, "Nikah adalah salah satu sunnahku, maka siapa yang meninggalkannya bukan termasuk golonganku."

 

Adapun syarat sahnya pernikahan dalam Islam adalah sebagai berikut:

  1. Bukan wanita atau pria yang haram dinikahi. Maksudnya bukan orang yang terhitung sebagai mahram bagi keduanya.
  2. Ijab kabul harus bersifat selamanya.
  3. Kedua belah pihak tidaklah terpaksa dalam menjalankan ijab kabul akad nikah.
  4. Penetapan pasangan di antara kedua calon harus pasti. Disebutkan namanya atau ditunjuk orangnya.
  5. Bukan dalam keadaan ihram. Di mana tidak sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah.

 

Selain itu, dalam Islam, pernikahan juga memiliki beberapa hikmah atau tujuan yang sangat penting, yaitu:

 

  1. Membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan
  2. Menjaga kehormatan dan menjauhkan dari perbuatan zina
  3. Menjaga kestabilan dan keharmonisan dalam hubungan keluarga
  4. Membentuk masyarakat yang beradab dan berakhlaqul karimah

 

Oleh karena itu, menjalankan hukum nikah dalam Islam bukan hanya sekedar formalitas semata, tetapi juga memiliki makna yang sangat mendalam dalam membentuk hubungan yang baik dan harmonis antara suami dan istri serta keluarga mereka. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hukum nikah dalam Islam.

 

Baca juga: Berikut ini Adalah Berbagai Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Keluarga

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Sekian pembahasan batemuri kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp