Bebas dari Utang dengan Doa Rasulullah

By. Ibnu Fikri Ghozali - 02 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Utang diibaratkan sebagai ikatan tali penjerat yang perlu dibebaskan. Menurut Siti ‘Aisyah, istri Rasulullah, beliau selalu berlindung kepada Allah agar terlepas dari jeratan utang. Hal ini sejalan dengan hadis yang diriwayatkan oleh al-Humaidi dalam Musnad-nya.

 

Baca juga: Doa Qabliyah Subuh: Memohon Petunjuk dan Perlindungan

 

Hadis dan Doa yang Diajarkan

Hadis tersebut mencatat bahwa Rasulullah ﷺ, ketika melihat seorang sahabat Anshar, Abu Umamah, duduk di masjid di luar waktu shalat, beliau bertanya tentang keadaannya. Abu Umamah menjelaskan bahwa kebingungan dan utang-utangnya membuatnya seperti itu. Rasulullah kemudian menawarkan sebuah doa yang jika dibaca, Allah akan menghapuskan kebingungan dan memberi kemampuan untuk melunasi utang.

 

Doa untuk Menghilangkan Utang

Doa yang diajarkan Rasulullah adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.

 

Baca juga: Saktah dalam Ilmu Tajwid: Menyingkap Makna dan Hikmahnya

 

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang."

 

Abu Umamah sendiri menyaksikan bahwa setelah dia mengamalkan doa tersebut, Allah benar-benar menghilangkan kebingungannya dan memberinya kemampuan untuk melunasi utangnya. Doa ini mencakup perlindungan dari berbagai aspek kesulitan hidup, termasuk utang dan tekanan finansial.

 

Baca juga: Pentingnya Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur'an

 

Semoga dengan amalan doa ini, kita semua dapat terbebas dari lilitan utang dan mendapatkan kemudahan dalam urusan keuangan. Semoga Allah senantiasa mengabulkan doa dan permohonan kita. Amin.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp