Mengenal Bus Shalawat, Transportasi Jamaah Haji Indonesia

By. Dewi Savitri - 31 Mar 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!!! Tukah kalian, di Makkah terdapat sebuat bus yang disediakan untuk mempermudah jamaah haji menuju Masjidil Haram dari penginapan. Bus tersebut adalah bus shalawat. Apa itu bus shalawat?

 

Baca Juga: Sholat dalam Pesawat? Ini Dia Tata Cara Sholat dalam Pesawat Terbang!!!

 

Bus shalawat adalah bus yang bertugas mengantarkan jamaah haji dari penginapan ke Masjidil Haram ataupun sebaliknya. Layanan bus sholawat diberikan kepada jamaah haji Indonesia sejak tahu 2008. Pada saat itu, terjadi perluasan wilayah Masjidil Haram sehingga membuat jamaah haji Indonesia menginap di penginapan yang berjarak lebih dari 10 km dari Masjidil Haram. Layanan ini diberikan secara gratis dan beroperasi selama 24 jam secara shuttle untuk memudahkan jamaah dalam melaksanakan ibadah haji.

 

Rute Bus Shalawat

 

Ada lima rute bus shalawat di Makkah yang sesuai dengan wilayah hotel jemaah dengan tiga terminal, yaitu: Syib Amir, Bab Ali, dan Jiad. Lima rute tersebut yaitu:

 

  1. Rute Mahbas Jin - Bab Ali. Sebanyak 16 bus disiapkan untuk melayani 19.288 yang tersebar di enam hotel di wilayah Mahbas Jin. Ada tiga halte pemberhentian yang telah disiapkan.
  2. Rute Syisyah - Syieb Amir. Ada 29 bus yang disiapkan untuk melayani 11.428 jemaah yang tinggal di 9 hotel wilayah Syisyah. Di sini disiapkan tiga halte pemberhentian.
  3. Rute Raudhah - Syieb Amir. Total ada 53 bus untuk 21.015 jemaah yang tinggal di 6 hotel wilayah Raudhah, dengan lima halte pemberhantian.
  4. Rute Jarwal - Syieb Amir. Rute ini akan melayanu 24.904 jemaah yang tinggal di dua hotel wilayah Jarwal. Total ada 62 bus dengan dua halte.
  5. Rute Misfalah - Jiad. Rute ini melayani 17.550 jemaah. Mereka tinggal di 13 hotel wilayah Misfalah dengan tujuh halte pemberhantian.

 

Baca Juga: Apa Itu Mabit? Mengenal Mabit, Bermalam di Muzdalifah dan Mina saat Ibadah Haji

 

Bus shalawat berkapasitas 70 penumpang yang dilengkapi dengan AC (air conditioner), tombol darurat pembuka pintu, GPS, serta alat pemecah kaca. Bus sholawat untuk jamaah haji Indonesia memiliki tanda berupa tulisan nama negara yakni Indonesia yang dilengkapi dengan berbagai stiker dengan warna yang berbeda-beda guna mempermudah jamaah dalam mengenali bus yang ditungganginya.

 

Stiker-stiker yang di pasang di bus shalawat meliputi informasi rute, nomor rute, dan warna rute. Setiap jamaah di bekali kartu yang sama dengan stiker bus shalawatnya, selain itu stiker ini dirancang guna mempermudah jamaah terutama jamaah yang tidak dapat membaca tulisan rute karena jamaah akan dapat mengingat nomor atau warna rutenya.

 

Jamaah yang ingin melaksanakan shalat fardhu di Masjidil Haram dengan menggunakan bus shalawat ini harus datang lebih dini untuk menghindari adanya penumpukan penumpang. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya kemacetan di jalur menuju terminal.

 

Baca Juga: Wow!! Layanan Bus Antar Jemput Gratis Jeddah-Makkah

 

Itulah informasi mengenai bus shalawat yang dapat kami bagian ke Sobat Batemuri sekalian, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri yang membaca artikel ini.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp