Doa Jamaah Haji Sebelum Tiba di Tanah Air

By. Ibnu Fikri Ghozali - 06 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sebelum tiba di Tanah Air, jamaah haji dianjurkan untuk membaca doa sebagai ungkapan syukur dan permohonan kebaikan bagi negeri dan penduduknya. Doa ini dapat diucapkan dengan tulus dan penuh harap kepada Allah SWT. Dua versi doa yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi adalah sebagai berikut:

 

Baca juga: Tradisi Menyantuni Anak Yatim di Bulan Muharram

 

Versi Pertama:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan negeri ini, kebaikan penduduknya, dan kebaikan semua yang ada di dalamnya. Aku juga berlindung kepada-Mu dari keburukan negeri ini, keburukan penduduknya, dan keburukan semua yang ada di dalamnya."

 

Versi Kedua:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا أَوْ رِزْقًا حَسَنًا، اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا جَنَاهَا وَأَعِذْنَا مِنْ وَبَائِهَا وَحَبِّبْنَا إِلَى أَهْلِهَا وَحَبِّبْ صَالِحِيْ أَهْلِهَا إِلَيْنَا.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah Tanah Air ini sebagai tempat tinggal atau rezeki yang baik bagi kami. Ya Allah, karuniakanlah kepada kami hasil tanaman negeri ini; lindungi kami dari wabahnya; tanamkan rasa cinta di hati kami terhadap penduduknya; dan tanamkan rasa cinta di hati penduduknya yang saleh terhadap kami."

 

Doa ini mencerminkan rasa syukur, harapan, dan permohonan kebaikan bagi Tanah Air dan penduduknya. Dengan doa ini, diharapkan Allah memberikan keberkahan, kesejahteraan, dan keselamatan bagi negeri tersebut.

 

Baca juga: Begini Kisah, Mengapa Abu Bakar Mendapat Gelar 'Ash-Shidiq'

 

Semoga doa jamaah haji yang telah menunaikan ibadah haji ini dikabulkan oleh Allah SWT, dan Tanah Air serta penduduknya senantiasa mendapatkan rahmat dan keberkahan. Wallahu a'lam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp