Tuntunan Do’a dan Niat Sa’i saat Melakukan Ibadah Ke Tanah Suci

By. Ibnu Fikri Ghozali - 16 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sa'i, atau perjalanan antara bukit Shafa dan Marwah, adalah salah satu rukun dalam ibadah haji yang sarat makna spiritual. Dalam setiap langkahnya, jemaah diingatkan akan ketabahan dan kepercayaan Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS, yang mencari air untuk putranya, Nabi Ismail AS. Berikut ini adalah niat dan doa yang wajib dibaca dan dihafalkan selama melaksanakan sa'i dari awal sampai akhir.

 

Baca juga: Memilih Antara Ransel dan Koper saat Bepergian

 

1. Niat Melaksanakan Sa'i Ibadah Haji:

أَبْدَأُ بِمَا بَعْدَ اللَّهِ بِهِ وَرَسُولُهُ، إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ. فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا. وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ.

Abda ubimaa ba'da Allahu bihi Warasuulluh. Innasshafaa wa marwata min sya'aairillaah faman hajjal baita awi'tamara fallaa junaaha 'alaihi ansyathawwa fabi himaa wamantathawwa 'akhairan fa innallaha syaakirun 'aliim.

 

Artinya: "Aku memulai apa yang sudah dimulai oleh Allah dan oleh Rasul. Sesungguhnya bukit Shafa dan bukit Marwah sebagian dari tanda kebesaran Allah."

"Barang siapa yang pergi haji ke rumah Allah atau umrah maka tidak ada dosa bagi yang mengerjakan sa'i di antara keduanya."

 

2. Doa Saat Mendaki Bukit Shafa dan Marwah:

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِ

Innas-safa wal-marwata min sya'a'irillah.

Artinya: "Sesungguhnya Shafa dan Marwah merupakan sebagian syiar agama Allah."

 

3. Doa setelah tiba di atas bukit Shafa berbatu sambil menghadap Ka'bah:

"الله أكبر" (3x) "لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد، الله أكبر على ما هدانا والحمد لله على ما أولانا لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت بيده الخير وهو على كل شيء قدير."

Artinya: "Allahu Akbar (3x), La ilaha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar walillahil-hamd. Allahu Akbar 'ala mahadana wal-hamdulillahi 'ala ma aulana. La ilaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul-mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu biyadihil-khoir, wahuwa 'ala kuli syai-ingqodir."

 

Baca juga: Tips Wisata ke China untuk Pemula

 

4. Doa di antara dua pilar hijau:

"رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاعْفُ وَتَكَرَّمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَالاَ نَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ اللهُ الاَعَزُ الاَكْرَمُ."

Rabbighfir warham wa'fu wa takarram, wa tajaawaz ammaa ta'lam innaka ta'lamu maa laa na'lamu, innaka antallahul-a'azzul-akram.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah, sayangilah, maafkanlah, bermurah hatilah dan hapuskanlah apa-apa yang Engkau ketahui."

"Sesungguh Engkau Maha Mengetahui apa-apa yang tidak kami ketahui. Sesungguhnya Engkaulah Allah Yang Maha Mulia dan Maha Pemurah."

 

5. Doa ketika sampai di bukit Marwah sesudah sa'i:

"اللّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا وَعَافِنَا وَاعْفُ عَنَّا وَعَلَى طَاعَتِكَ وَشُكْرِكَ أَعِنَّا وَعَلَى غَيْرِكَ لاَتَكِلْنَا وَعَلَى اْلإِيْمَانِ واْلإِسْلاَمِ الَكَامِلِ جَمِيْعًا تَوَفَّنَا وَأَنْتَ رَاضٍ عَنَّا اللّهُمَّ ارْحَمْنِيْ أَنْ أَتَكَلَّفَ مَالاَ يَعْنِيْنِيْ وَارْزُقْنِيْ حُسْنَ النَّظَرِ فِيْمَا يُرْضِيْكَ عَنِّيْ يَاأَرْحَمَ الرَّا حِمِيْنَ."

Allaahumma rabbanaa taqabbal minnaa wa 'aafinaa wa 'fu 'annaa wa 'alaa tha 'atika wa syukrika a'innaa wa 'alaa ghairika laa takilnaa wa alal limaani wal islaamil kaamili jamilan tawaffanaa wa anta raadhin.

 

Allaahumma rhamnii bitarkil ma'aashii abadan maa abgaitanii wa 'rhamnii an atakallafa laa ya'niinii wa 'rzuqnii husnan nazhari fii maa yurdhiika 'annil yaa Arhamar raahimiin.

Artinya: "Ya Allah, terimalah amalan kami, sehatkanlah kami, maafkanlah kesalahan kami dan tolonglah kami untuk taat dan bersyukur kepada-Mu."

 

"Jangan Engkau jadikan kami bergantung selain kepada-Mu. Matikanlah kami dalam iman dan Islam secara sempurna dan Engkau rida."

"Ya Allah rahmatilah kami sehingga mampu meninggalkan segala maksiat selama hidup kami, dan rahmatilah kami sehingga tidak berbuat hal yang tidak berguna."

"Karuniakanlah kami pandang yang baik terhadap apa-apa yang membuat-Mu rida terhadap kami, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih."

 

Baca juga: Eksplorasi Sejarah dan Kesenangan di Benteng Vastenburg, Solo









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp