Surah Al Isra Ayat 23: Petunjuk Menghormati dan Membantu Orang Tua

By. Ibnu Fikri Ghozali - 16 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Surah Al Isra (17:23) memberikan pedoman penting bagi seluruh umat manusia. Surah ini, tergolong sebagai surah Makkiyah, memuat 111 ayat dan memberikan petunjuk hidup yang mencerahkan. Ayat 23 dari surah ini mengajarkan tentang penghormatan dan bakti kepada orang tua. Berikut adalah bacaan dan tafsir dari ayat tersebut:

 

Baca juga: Perkiraan Liburan Sekolah, Isi Anak Dengan Kegiatan Manfaat di Bulan Ramadhan

 

Bacaan Surah Al Isra Ayat 23:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

 

Tafsir Surah Al Isra Ayat 23

 Tafsir dari Kementerian Agama dan Buya Hamka menggarisbawahi beberapa poin penting:

1. Beribadah hanya kepada Allah

 Ayat pertama menegaskan bahwa ibadah hanya boleh diarahkan kepada Allah. Tidak boleh ada tuhan selain-Nya.

2. Berbuat baik kepada orang tua

Setelah perintah untuk beribadah kepada Allah, ayat ini dengan tegas menyuruh untuk berbuat baik kepada kedua orang tua.

3. Mensyukuri pengorbanan orang tua

Perintah ini disertai dengan makna mensyukuri pengorbanan yang telah dilakukan oleh kedua orang tua, baik saat melahirkan maupun dalam mendidik dan mencari nafkah.

4. Larangan mengucap kata kasar

Anak dilarang mengatakan kata 'ah' kepada orang tua, yang dapat diartikan sebagai ekspresi kekesalan atau ketidaksetujuan.

5. Larangan membentak

Anak dilarang membentak atau berbicara dengan keras kepada orang tua.

6. Ungkapan yang baik

Anak diminta untuk selalu mengucapkan kata-kata yang baik dan sopan kepada kedua orang tua.

 

Baca juga: Mabit dalam Ibadah Haji: Menginap di Muzdalifah dan Mina

 

Ayat ini menekankan pentingnya etika dan akhlak terhadap orang tua. Sikap hormat, kesabaran, dan penuh penghargaan kepada orang tua adalah nilai-nilai yang ditekankan dalam surah ini. Semoga, pemahaman terhadap petunjuk dalam surah Al Isra ayat 23 dapat menjadi landasan bagi kehidupan yang penuh keberkahan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp