Mengenal 4 Rukun Ka'bah, 3 Rukun Menghadap Negara Islam?

By. Dewi Savitri - 03 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!!! Ka’bah merupakan bangunan berbentuk kubus yang memiliki empat sudut dimana sudut-sudut tersebut disebut dengan rukun. Empat sudut atau rukun Ka’bah masing-masing memiliki nama yaitu Rukun Hajar Aswad, Rukun Iraqi, Rukun Syami atau Rukun Maghribi (sudut barat), dan Rukun Yamani.

 

Baca Juga: Mengenal Ka'bah, Ini Dia 12 Bagian Ka'bah yang Harus Kamu Tau!!

 

Nama-nama rukun tersebut diambil dari nama negara dimana rukun atau sudut tersebut mengarah. Rukun-rukun atau sudut ini mengarah pada negara-negara besar muslim seperti Iraq, Syam, dan Yaman. Hanya rukun Hajar Aswad yang tidak menggunakan nama negara muslim. Ada sebuah riwayat yang menyatakan bahwa rukun Hajar Aswad merupakan rukun favorit Rasulullah SAW.

 

1. Rukun Hajar Aswad

 

Rukun Hajar Aswad merupakan sudut Ka’bah yang menjadi sudut diletakannya batu Hajar Aswad. Rukun Hajar Aswad menjadi titik dimulainya dan berakhirnya thawaf. Sudut ini menjadi istimewa bagi jamaah karena pada sudut ini jamaah mendapat kesempatan untuk mendapat pahala lebih banyak dengan mencium, mengusap, atau melambaikan tangan sebagai isyarat ke arah hajar aswad.

 

2. Rukun Iraqi

 

Baca Juga: Bagaimanakah Keutamaan Menikah Menurut Islam?

 

Rukun Iraqi merupakan sudut Ka’bah yang terletak di sisi utara. Sesuai dengan namanya, sudut atau rukun ini mengarah pada negeri Iraq. Rukun Iraqi merupakan salah satu sudut yang pernah mengalami pergeseran dan sedikit pengurangan panjang sisi karena keterbatasan dana pada masa Quraisy.

 

3. Rukun Syami

 

Rukun Syami merupakan sudut Ka’bah yang jika ditarik lurus maka rukun ini mengarah kepada negeri Syam. Rukun Syami biasa juga di kenal dengan nama Rukun Maghribi yang berarti arah barat karena posisinya mengarah ke barat. Rukun ini merupakan rukun tertinggi yang tingginya mencapai 12.15 meter. Jamaah dianjurkan untuk berdoa apabila posisi thawaf sudah berada di depan rukun ini.

 

4. Rukun Yamani

 

Rukun Yamani adalah sudut Ka'bah yang berada di sisi selatan. Bagian-bagian Ka’bah ini dinamakan rukun Yamani lantaran berada di arah Yaman. Bagian ini menjadi tempat yang sangat spesial bagi para peziarah, karena di sini terdapat tempat untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

 

Baca Juga: Sa'i, Berlari Kecil dari Shafa ke Marwah. Bagaimana Caranya?

 

Demikian informasi mengenai empat rukun Ka’bah.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp