Makna dan Doa Malam Nisfu Sya'ban

By. Ibnu Fikri Ghozali - 21 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Malam Nisfu Sya'ban memegang makna penting dalam kalender Islam, karena diyakini sebagai malam di mana Allah SWT menentukan takdir hamba-Nya untuk tahun yang akan datang. Malam ini terletak pada pertengahan bulan Sya'ban, beberapa minggu sebelum datangnya bulan Ramadan. Karena kedekatannya dengan bulan suci Ramadan, malam Nisfu Sya'ban dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri secara spiritual menyambut bulan penuh berkah tersebut.

 

Baca juga: Kosmetik Halal dan Wudhu: Antara Tren dan Kewajiban

 

Umat Islam memanfaatkan malam Nisfu Sya'ban sebagai kesempatan untuk melakukan introspeksi, memperbaiki diri, dan meningkatkan ibadah. Doa-doa khusus dibaca pada malam ini, dan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah:

 

Doa 1

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhana.

Artinya: "Ya Allah, berkatilah kami dalam bulan Rajab dan bulan Sya'ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadan."

 

Doa 2

 اللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ

“Allāhumma yā dzal manni wa lā yumannu ‘alaika yā dzal jalāli wal ikrām, yā dzat thawli wal in’ām, lā ilāha illā anta zhahral lājīna wa jāral mustajīrīna, wa ma’manal khā’ifīn.”

Artinya: "Ya Allah, wahai Dzat yang penuh kemurahan dan tidak ada yang memberi kemurahan kepada-Nya. Wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, wahai Dzat yang memiliki kelapangan dan pemberian nikmat. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, tempat perlindungan bagi yang meminta perlindungan, dan tempat aman bagi yang takut."

 

Baca juga: Manfaat Umroh di Bulan Ramadhan: Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah di Tanah Suci

 

Doa 3

 اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مَطْرُوْدًا أو مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِيْ وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنَزَّلِ عَلَى نَبِيِّكَ المُرْسَلِ: “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ”

“Allāhumma in kunta katabtanī ‘indaka fī ummil kitābi syaqiyyan au mahrūman au mathrūdan au muqattaran ‘alayya fir rizqi, famhullāhumma bi fadhlika fī ummil kitābi syaqāwatī, wa hirmānī wa thardhī waqtitāra rizqī, wa atsbitnī ‘indaka fī ummil kitābi sa’īdan marzūqan muwaffaqan lil khairāt. Fa innaka qulta wa qaulukal haqq fī kitābikal munazzali ‘ala nabiyyikal mursali “Yamhullāhu mā yasyā’u wa yutsbitu wa ‘indahū ummul kitāb.”

Artinya: "Ya Allah, jika Engkau menulis dalam Kitab-Mu bahwa aku akan menjadi orang yang sengsara, terlarang, terusir, atau dikekang dalam rezeki, maka dengan karunia-Mu hapuskanlah dariku dalam Kitab-Mu kesengsaraan, keharaman, pengusiran, dan pembatasan rezeki. Dan tetapkanlah aku di hadapan-Mu dalam Kitab-Mu sebagai orang yang bahagia, diberi rezeki, dan diberi keberuntungan untuk berbagai kebaikan. Sesungguhnya Engkau telah berfirman, dan firman-Mu adalah kebenaran dalam Kitab-Mu yang diturunkan kepada Nabi-Mu yang diutus: "Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan. Dan di sisi-Nya ada Kitab yang menjadi pokok (hukum)."

Doa 4

 إِلَهِيْ بِالتَّجَلِّيِ الأَعْظَمِ، فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ المُكَرَّمِ، الَّتِي يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ، اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ البَلَاءِ مَا أَعْلَمُ وَمَا لَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الغُيُوْبِ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Ilāhī, bit tajalil a’zham fī lailatin nishfi min syahri Sya’bānal mukarrami, allatī yufraqu fīhā kullu amrin hakīmin wa yubram, ishrif ‘annī minal balā’I mā a’lamu wa mā lā a’lamu, wa anta ‘allāmul ghuyūbi, bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama.

 

Baca juga: Hukum Aqiqah dalam Islam: Pandangan Mazhab dan Kapan Sebaiknya Dilakukan

 

Artinya: "Ya Allah, dengan penampakan teragung pada malam pertengahan bulan Sya'ban yang mulia, di mana diputuskan dalamnya setiap urusan yang bijaksana dan ditetapkan, palingkanlah dariku segala musibah yang kuketahui dan yang tidak kuketahui. Engkau adalah Yang Maha Mengetahui yang ghaib, dengan rahmat-Mu, wahai Maha Penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan salawat dan salam kepada sayyidina Muhammad, keluarganya, dan sahabat-sahabatnya."

 

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp