Ramadhan: Bulan Pembakar Dosa

By. Ibnu Fikri Ghozali - 21 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bulan Ramadhan, yang berasal dari kata 'ramidha' (رَمِضَ), memiliki makna dasar "panas." Para ulama menafsirkan makna ini sebagai membakar atau menghapus dosa-dosa umat yang berpuasa selama bulan tersebut. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah yang menyatakan bahwa Ramadhan dinamai demikian karena bulan ini membakar dosa. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Anas bin Malik:

 

Baca juga: Makna dan Doa Malam Nisfu Sya'ban

 

"إِنَّمَا سُمِّيَ رَمَضَانُ لِأَنَّهُ يَرْمِضُ الذُّنُوبَ"

Artinya, "Sesungguhnya, dinamakan Ramadhan karena membakar dosa." (HR. Anas bin Malik)

 

Imam al-Mawardi menjelaskan bahwa makna membakar dosa dalam konteks ini adalah bahwa dengan menjalankan ibadah puasa, semua dosa umat Islam akan dihapus dan terbakar. Puasa menghilangkan dosa-dosa tersebut, menjadikannya pintu pengampunan dari segala kesalahan.

 

Imam Sulaiman bin Muhammad bin Umar al-Bujairami al-Mishri menambahkan bahwa bulan Ramadhan juga bisa diartikan sebagai bulan yang menghilangkan dosa-dosa. Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa nama Ramadhan juga merujuk pada panasnya nasihat dan pengajaran yang diterima hati selama bulan ini.

 

Selain itu, penamaan bulan Ramadhan juga bisa terkait dengan kebiasaan masyarakat terdahulu yang memberi nama bulan berdasarkan musim yang bersamaan dengan bulan tersebut. Ramadhan sering kali bersamaan dengan musim panas, dan hal ini mungkin menjadi salah satu latar belakang penamaan bulan tersebut.

 

Baca juga: Keutamaan Malam Nisfu Syaban: Ampunan, Doa, dan Perubahan Catatan Amal

 

Dengan demikian, Ramadhan adalah waktu yang sangat berharga untuk bertaubat dan membersihkan diri dari dosa-dosa. Momentum ini seharusnya tidak disia-siakan, karena dalam bulan ini, ampunan Allah lebih mudah diperoleh. Melalui puasa, umat Islam dapat menghapuskan dosa-dosa mereka dan mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga setiap amalan kebaikan yang dilakukan selama Ramadhan diterima dengan baik oleh Allah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp