7 Akibat Memakan Makanan dengan Harta yang Haram

By. Abid Rauf - 22 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com -  Serba tujuh ; 7 Akibat memakan makanan /harta yang haram

1. Doanya tidak di kabulkan

 Rasulullah SAW bersabda ; Seorang lelaki sedang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, muka nya berdebu menengadahkan tangannya ke langit, dan mengatakan “wahai rabbku” padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu – Hadist Riwayat Muslim

2. Merusak hati dan akalnya 

Jika memakan makanan yang haram hati seseorang dapat tercemari dan hal ini juga mempengaruhi  ke khusyukan dalam beribadah termasuk dalam sholat . Makanan yang haram juga dapat mengeraskan hati seseorang sehingga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan enggan membantunya .

3. Amalan tidak diterima 

 “Dan demi jiwaku  yang ada di tangannya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram kedalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba maka neraka lebih layak untuknya – Hadits Riwayat At Thabrani.

4. Makanan Haram membawa ke Neraka . 

Makanan haram yang dimakan oleh seseorang akan berubah menjadi daging, dan daging tersebut dapat membawa seseorang ke Neraka, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW tentang mereka yang memakan makanan haram ; “tidak lah tumbuh daging dari makanan yang haram kecuali neraka lebih utama baginya “ – Hadits Riwayat TIrmidzi.

5. Mengurangi  Iman dalam hatinya

Makanan dan minuman yang haram dapat mengurangi iman seseorang dan mengganggu ibadahnya sebagaimana hadits tentang peminum Khamar berikut ini ; Tidak lah peminum khamar ketika ia meminum khamar tidak termasuk seorang mukmin – Hadits Riwayat Bukhori.

6. Rusaknya Keturunan

Seseorang yang memberi anaknya makan dengan makanan haram tidak akan mendapatkan kebaikan, sebaliknya makanan haram tersebut dapat merusak akhlak dan kebaikan yang ada pada diri anak. Inilah kenapa orang tua yang memberikan makanan haram pada anaknya seringkali memilik anak yang susah diatur dan cenderung membangkang.

7. Menzalimi diri sendiri

Makanan yang diharamkan oleh Allah SWT mengandung Mudharat  atau keburukan bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia, seperti mengkonsumsi daging babi yang dapat menyebabkan penyakit , maupun Alkohol yang dapat merusak organ hati dan tubuh lainnya.

Baca juga : Dilarang dalam Islam, Inilah 4 Bahaya Meniup Makanan bagi Kesehatan

Wallahu'alam

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp