Bukan Mencukur Rambut Biasa, Ini Dia Makna Tahallul yang Lebih Dalam

By. Dewi Savitri - 04 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!!! Tahallul adalah salah satu rukun haji yang harus di penuhi oleh jamaah haji. Tahallul merupakan kegiatan mencukur rambut minimal sebanyak tiga helai rambut dan dilakukan pada saat menunaikan ibadah haji maupun umrah.

 

Baca Juga: 7 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu dari Surga

 

Tahallul merupakan rukun yang penting untuk dilaksanakan saat beribadah haji dan juga umrah. Tahallul dilakukan ketika seluruh rangkaian ibadah haji dan umrah telah diselesaikan. Tahallul menjadi penutup prosesi ibadah haji dan umrah.

 

Dikutip dari detik.com, secara bahasa tahallul artinya menjadi boleh atau menjadi hallal. Sedangkan, secara istilah tahallul berarti sudah diperbolehkan atau dibebaskannya seseorang dari pantangan ihram.

 

Makna Tahallul

 

Tahallul memiliki makna yang mendalam, bukan hanya sekedar untuk mencukur rambut. Proses tahallul merupakan proses yang tidak dapat ditinggalkan jamaah terutama bagi umat muslim yang menanut madzhab Syafi’i.

 

Baca Juga: Mengenali Berbagai Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

 

Jika jamaah tidak melakukan tahallul, maka jamaah perlu mengulang kembali ibadah haji dan umrah yang sudah dilakukan. Hal ini dikarenakan ibadah haji dan umrah yang sudah dilakukan tidak sah karena meninggalkan satu rukun. Oleh karena itu, tahallul wajib dilakukan oleh setiap jamaah yang melaksanakan ibadah haji dan umrah.

 

Tahallul memiliki makna yang mendalam, lebih dari sekedar mencukur rambut. Proses tahallul menjadi isyarat bahwa akal pikiran dan juga kelebihan yang dimiliki manusia semuanya berasal dari Allah SWT. Tahallul mengajarkan manusia bahwa meskipun seorang manusia adalah makhluk yang diciptakan secara sempurna, namun manusia tetap manusia. Rambut di kepala manusia melambangkan mahkota seseorang. Pada saat melaksanakan tahallul, dimana mahkota tersebut dicukur maka ini melambangkan bahwa kekuasaan atau mahkota sekalipun sejatinya hanya titipan Allah SWT dan sebagai manusia harus menaati semua perintah Allah SWT.

 

Dengan melakukan tahallul, seseorang dianggap bersedia menanggalkan kesombongan yang membuat dirinya merasa tinggi. Oleh karena itu, tahallul sebagai salah satu rukun ibadah haji dan umrah ini juga menyimbolkan rontoknya keangkuhan dan kesombongan manusia. Selain itu, setelah melakukan tahallul seseorang juga akan merasakan kebebasan dari kecemasan, ketakutan, ketidaknyamanan, hingga memotong aib dimasa lalu (rambut).

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Baca Juga: Mengenal Tahallul, Mencukur Rambut dalam Ibadah Haji dan Umrah

 

Itu dia informasi mengenai tahallul, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri yang membaca artikel ini.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp